Kamis 23 Januari 2020, 18:15 WIB

Pakai Fitur Anti-pelacakan Safari Apple? Waspada Ini

Fathurrozak | Weekend
Pakai Fitur Anti-pelacakan Safari Apple? Waspada Ini

Unsplash/ William Iven
Fitur-fitur anti-pelacakan Safari, web browser bawaan Apple, justru berpeluang memaparkan informasi pribadi yang sensitif.

DILUNCURKAN tahun 2017, Intelligent Tracking Prevention banyak menjadi pilihan para pengguna Apple sebagai fitur anti-pelacakan untuk Safari mereka. Safari merupakan web browser bawaan Apple.

Meskipun fitur itu pada awalnya disebut sebagai peningkatan besar untuk perlindungan privasi pengguna, kecerdikannya juga menyebabkan beberapa masalah.

Menurut laporan dari tim peneliti di Google yang pertama kali disorot oleh Financial Times, algoritma fitur itu membuatnya mempelajari perilaku pengguna dan meningkatkannya. Hal itu juga menyimpan perilaku pengguna dalam menggunakan telepon, menciptakan kumpulan data web yang rentan.

Atas temuan itu, pihak Apple mengatakan telah menguji dan memverifikasi temuan Google. Namun mereka belum mengkonfirmasi apakah kelemahan tersebut telah diatasi sepenuhnya.

Dilansir Daily Mail, Peneliti Google, Justin Schuh mencicit, meskipun Apple mengakui masalah yang dilaporkan dalam fitur lewat unggahan blog, tetap tidak ada perubahan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Dengan belum dijelaskan mengenai solusi kelemahan fitur itu ada baiknya ada berpikir ulang dalam menggunakannya. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More