Kamis 23 Januari 2020, 16:53 WIB

Tidak Ada WNI Terjangkit Virus Pneumonia Tiongkok

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Tidak Ada WNI Terjangkit Virus Pneumonia Tiongkok

Charly Triballeau/AFP
Penumpang yang baru tiba dari Kota Wuhan, Tiongkok harus melewati skrining medis di Bandara Narita, Tokyo, Jepang.

 

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan belum ada laporan mengenai warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, dan sekitarnya yang menjadi korban infeksi virus corona baru mematikan.

"Dari pantauan kedutaan besar di Beijing belum ada informasi terjangkitnya WNI dari wabah yang sedang terjadi di Tiongkok," ujar Menlu di Pejambon, Kamis (23/1).

Perwakilan Indonesia di 'Negeri Tirai Bambu' masih terus mendata dan memperbaharui informasi WNI di Tiongkok.

"Kita terus melaksanakan komunikasi dengan duta besar kita di Beijing mengenai masalah penyebaran virus dan juga keberadaan WNI kita di sana," terangnya.

"Kita terus berdoa dan aktif dari waktu ke waktu memperoleh datanya," imbuh Retno.

Berdasarkan data KBRI Beijing yang diperoleh per Desember 2019, mahasiswa WNI di Wuhan dan sekitarnya tercatat 428 orang dan Beijing 1.280 orang. Sementara di Shanghai tercatat 849 orang.

Baca juga : Korban Korona Virus Korona di Tiongkok Capai 17 Jiwa

Dihubungi terpisah, salah satu mahasiswa WNI yang sedang menimba ilmu di Wuhan, Ahmad Syaifuddin Zuhri, mengatakan mahasiswa WNI di Wuhan ada sekitar 200-an orang, sebagian saat ini sedang mudik libur musim dingin.

"Alhamdulillah belum ada (mahasiswa WNI yang terjangkit virus), dan semoga tidak ada," ujar mahasiswa PhD Hubungan Internasional, Central China Normal University (CCNU) Wuhan, kepada Media Indonesia, Kamis (23/1).

Menurutnya, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok terus berkomunikasi dengan KBRI Beijing dan mahasiswa yang masih berada di asrama kampus-kampus.

Menurutnya, mulai hari ini semua operasional transportasi publik dalam kota--keluar dan ke arah wuhan-- ditangguhkan sampai 31 Maret oleh pemerintah setempat. (Hym/OL-09)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More