Kamis 23 Januari 2020, 14:40 WIB

DPRD Minta Dinas SDA Segera Perbaiki Pompa Rusak

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD Minta Dinas SDA Segera Perbaiki Pompa Rusak

ANTARA/Reno Esnir
Petugas Dinas Sumber Daya Air memeriksa pompa air di rumah Pompa Waduk Setia Budi Timur, Jakarta.

 

DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk secepatnya memperbaiki pompa-pompa yang rusak akibat terendam banjir. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan berlangsung pada Februari.

"Kami minta SDA mengecek seluruh pompa yang rusak agar segera diperbaiki sebelum hujan besar. Kita sudah siap duluan sebelum hujan besar datang pada Februari," ujar Ketua Komisi D dari Fraksi PDI Perjuangan Ida Mahmudah di Jakarta, Kamis (23/1).

Ida juga mengimbau kepada warga Jakarta agar menyiapkan sumur resapan. Sumur tersebut digunakan untuk menampung air hujan.

Sementara itu, Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengungkapkan sebanyak 31 pompa sedang diperbaiki dari total 478 pompa.

Baca juga: Jalan Yos Sudarso Tergenang, Lalu Lintas Tersendat

Adapun lokasi-lokasi pompa rusak tersebut tersebar di beberapa wilayah, seperti Jakarta Barat berada di bawah jalan layang Tomang, Jelambar Borobudur, Kampung Apung, Klingkit Cengkareng, Mangga Raya, serta RW 4 Kembangan Utara.

"(Alasan rusakannya) bervariasi ada yang kerendem dan ada juga yang overheat karena kerja terlalu kencang (beroperasi). Saat ini memang dalam proses perbaikan," terang Juaini.

Kemudian, untuk mengantisipasi cuaca ekstrem pada Februari, pihaknya menyiapkan pompa-pompa mobile yang ada dan mengupayakan penggunaannya yang maksimal. Disiapkan 189 pompa mobile dan 8 ribu satgas yang diperbantukan di titik rawan banjir.

"Saat ini kami upayakan perbaikan dipercepat supaya dalam waktu yang akan datang, prediksi (hujan deras) di Februari diharapkan semua pompa yang ada itu bisa beroperasi. Meskipun begitu seandainya masih ada yang perbaikan maka kami backup dengan pompa mobile yang kami punya," tandas Juaini. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More