Kamis 23 Januari 2020, 12:51 WIB

Pemerintah Matangkan Kerja sama Alutsista dengan Prancis

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pemerintah Matangkan Kerja sama Alutsista dengan Prancis

Antara/M. Risyal Hidayat
Presiden Jokowi Meninjau pameran pertahanan di Kemenhan

 

INDUSTRI alat pertahanan nasional semakin menggeliat. Namun pemerintah menginginkan sektor ini semakin maju sehingga penjajakan dengan negara pembuat senjata seperti Prancis akan dibahas serius.

"Kerja sama industri pertahanan dengan Prancis belum diputuskan. Nanti,minggu depan baru kita bicarakan. Jadi pemilihan apa, untuk soal apa nanti ke depan," kata Presiden Jokowi usai menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (23/1).

Menurut dia, kerja sama industri pertahanan sudah digagas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan sejumlah negara. Hal itu termasuk dengan Prancis.

Menurutnya, Pemerintah tengah menimbang negara industri pertahanan mana yang akan menjadi kolega utama. Pilihannya sejauh ini masih beragam mulai Korea Selatan hingga negara-negara di Eropa Timur.

Baca juga : Jokowi Minta Kesejahteraan Prajurit Ditingkatkan

"Segera akan diputuskan dan minggu depan kita akan rapat terbatas dengan pak Menhan nanti di Surabaya," tegasnya.

Hal itu kata dia guna memacu kinerja industri untuk kebutuhan militer yang sudah dilirik banyak negara selain memenuhi permintaan TNI.

"Ya kan banyak ada dari Flipina juga ingin mendatangkan (alutsista buatan dalam negeri). Juga permintaan serupa dari negara lain," pungkasnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More