Kamis 23 Januari 2020, 12:18 WIB

Bawa Brownies Ganja dari California, Turis Asal AS Ditangkap

Tri Subarkah | Megapolitan
Bawa Brownies Ganja dari California, Turis Asal AS Ditangkap

MI/Tri Subarkah
Polres metro Jaksel menggelar barang bukti brownies ganja dari turis AS

 

SATUAN Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menangkap Cecoy Chevenye Burnett, 27, seorang turis warga negara Amerika Serikat.

Polisi menangkapnya di Apartemen Bintaro Park View, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Senin (20/1) usai mendapat laporan dari warga yang menduga ada peredaran narkotika jenis ganja di sana.

"Dari hasil penggeledahan ini kita mendapatkan beberapa barang bukti di antaranya kue yang berbentuk brownies yang kandungannya mengandung ganja. Kita sudah melakukan tes laboratorium, ini memang mengandung ganja, beratnya kurang lebih satu kg," ungkap Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnomo di Mapolres Jaksel, Kamis (23/1)

Selain brownies ganja, Cecoy juga kedapatan memiliki rokok elektrik vaporizer beserta cairannya yang telah dikemas ke dalam berbagai wadah. Setelah dites di laboratorium, cairan vape tersebut juga terbukti mengandung tetrahydrocannabinol (THC), senyawa utama ganja.

Baca juga : Polda Metro Jaya Sita 1,3 Ton Ganja dalam Dua Bulan

"Ada beberapa juga barang bukti seperti alat untuk papir atau bungkus rokok ganja, kemudian juga ada sedikit bunga ganja kering, kemudian alat penghancur bunga tersebut seblum nanti di bungkus di papir untuk dirokok," imbuh Bastoni.

Ganja dengan berbagai varian tersebut, kata Bastoni, diperoleh Cecoy dari tempat tinggalnya di California. Di pesawat, Cecoy membawa ganja-ganja tersebut ke dalam sebuah tas yang diletakan di dalam kabin. Menurut Bastoni, Cecoy masuk ke Indonesia menggunakan visa kunjungan pada Jumat (17/1).

"Untuk sementara, keterangan pelaku belum mengetahui kalau di Indonesia barang-barang ini dilarang," kata Bastoni.

Atas perbuatannya, Cecoy disangkakan dengan Pasal 111 Ayat (1) dan Pasal 112 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman penjara minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More