Kamis 23 Januari 2020, 09:59 WIB

Sentimen Eksternal Diprediksi buat IHSG Melemah

Antara | Ekonomi
Sentimen Eksternal Diprediksi buat IHSG Melemah

Antara/Hafidz Mubarak A
pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia

 

INDEKS Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis, diprediksi melemah dipicu sentimen eksternal.

IHSG sendiri dibuka menguat 10,55 poin atau 0,17 persen ke posisi 6.244. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 2,89 poin atau 0,28 persen menjadi 1.023,73.

"Pelaku pasar diperkirakan lebih fokus pada perkembangan politik yang tengah terjadi di AS. Sentimen eksternal diperkirakan masih menyulitkan bagi IHSG ke zona hijau pada hari ini," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Kamis (23/1), dikutip dari Antara.

Dari AS, Partai Republik yang mengendalikan Senat menolak upaya Partai Demokrat untuk mendapatkan bukti-bukti dan menelepon sejumlah saksi untuk diperlihatkan di sidang permohonan pemakzulan Presiden Donald Trump.

Pada sidang Selasa (21/1) lalu, sebanyak 53 suara menolak tiga mosi dari Ketua Partai Demokrat Chuck Schumer yang menginginkan pemanggilan saksi mata dan mendapatkan beberapa dokumen dari Gedung Putih.

Baca juga : BEI Hentikan Sementara Perdagangan Efek Lima Emiten

Schumer ingin di persidangan diperlihatkan data Kementerian Luar Negeri dan kantor pengelolaan dan anggaran Amerika Serikat terkait kesepakatan Trump dengan Ukraina.

"Penolakan ini menjadi sinyalemen jika sidang permohonan pemakzulan Trump akan berlangsung lama," ujarnya.

Dari domestik, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membuka peluang untuk mengembalikan fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada Bank Indonesia (BI). Hal itu dikarenakan fungsi pengawasan yang dilakukan OJK belum berjalan maksimal.

Di sisi lain, pemerintah juga tengah menyusun rencana untuk pembentukan lembaga penjamin polis (LPP). Pembentukan ini akan memperhatikan aturan yang berlaku agar kepercayaan terhadap lembaga keuangan meningkat.

Bursa saham regional Asia pagi ini, indeks Nikkei melemah 155,8 poin atau 0,65 persen ke 23.875,5, indeks Hang Seng melemah 304,8 poin atau 1,08 persen ke 28.036,2, dan indeks Straits Times melemah 1,37 poin atau 0,04 persen ke posisi 3.255,3. (OL-7)

Baca Juga

Antara/FB Anggoro

PLN Tawarkan Suplai Listrik di WK Rokan, Pertamina Sambut Baik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:09 WIB
Saat ini, Pertamina tengah menunggu proposal lanjutan dari PLN. Setelah diambil alih Pertamina dari CPI, Wilayah Kerja Rokan diharapkan...
Antara

Kemenperin Akselerasi Pemerataan Pembangunan Industri Nasional

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:39 WIB
Pembangunan industri tidak hanya dilakukan melalui pendekatan sektoral yang diwujudkan melalui penguatan struktur industri dan berdaya...
MI/Susanto

BI: Negara OKI Harus Dorong Pengembangan Ekonomi Syariah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:12 WIB
Bank Indonesia memandang ekonomi syariah memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian dunia. Apalagi jika sektor berbasis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya