Kamis 23 Januari 2020, 08:49 WIB

Kemenkes Yakin Virus Korona belum Masuk Indonesia

Atalya Puspa | Humaniora
Kemenkes Yakin Virus Korona belum Masuk Indonesia

ANTARA/Muhammad Iqbal
Penumpang melintasi monitor alat thermal scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

 

KEMENTERIAN Kesehatan meyakini novel coronavirus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok belum masuk ke Indonesia. Saat ini, pemerintah telah melakukan pengawasan ketat di 135 pintu masuk negara.

"Sampai saat ini belum ada informasi di Indonesia ada yang terinfeksi. WNI di Tiongkok juga kita belum dapat informasi dari KBRI di Tiongkok kalau ada yang terjangkit," kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kemenkes, Vensya Sitohang di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Dirinya juga meyakini, pemerintah dan semua stakeholder dapat mencegah novel coronavirus menyebar di Indonesia.

Baca juga: Pemindai Suhu Tubuh Disiagakan di Bandara

Pasalnya, hal itu sudah terbukti dari kasus flu burung yang berhasil ditangani dengan baik oleh pemerintah.

"Waktu flu burung kita sukses bahkan mendapatkan pujian dari dunia. Itu dilihat dari koordinasi kita yang baik. Kemnkes dan Kementan, bukan hanya di meja tapi di lapangan sama-sama menahan penyebab itu hanya di hewan dan penularannya dari hewan ke manusia bisa diminimalisasi," tuturnya.

Dirinya mengakui, dari mobilitas yang ada saat ini, Indonesia memang berisiko terkena penyebaran virus tersebut. Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat luas untuk lebih memerhatikan kondisi kesehatannya.

"Intinya bahwa yang penting kita jaga meningkatkan kewaspadaan masyarakat, harus selalu baca travel advesory kalau bepergian ke luar megeri. Jaga perilaku hidup bersih dan sehat," tandasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More