Kamis 23 Januari 2020, 07:20 WIB

Ditemukan, Mekanisme Patogen Infeksi Tb

Rifaldi Putra Irianto | Humaniora
Ditemukan, Mekanisme Patogen Infeksi Tb

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

DUA tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Tongji dan SanghaiTech University, Tiongkok, telah menemukan mekanisme patogen (mikroorganisme parasit) penting dari infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis yang dapat menyebabkan penyakit tuberkulosis (Tb).

Temuan yang telah dipublikasikan di situs web Jurnal Ilmiah Nature itu mendapatkan pemahaman lebih baik tentang bagaimana bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit.

Para peneliti menemukan bahwa satu protein yang dikeluarkan bakteri Tb sangat 'pintar'. Bakteri itu dapat menggunakan molekul protein untuk menyerang fungsi kekebalannya sendiri sehingga menghasilkan virulensi dan menyebabkan Tb.

Para peneliti menyebutkan penemuan itu telah memperluas visi peneliti tentang peran sistem modifikasi protein dalam pengaturan penyakit menular. Mereka pun berharap pengembangan obat dapat dilakukan dan ditemukan vaksin anti-Tb. (Xinhua/Rif/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More