Kamis 23 Januari 2020, 06:27 WIB

Korsel dan Arab Saudi Lolos ke Olimpiade 2020

Antara | Sepak Bola
Korsel dan Arab Saudi Lolos ke Olimpiade 2020

Twitter @theafcdotcom
Para pemain Korea Selatan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Australia di laga semifinal Piala Asia U-23.

 

KOREA Selatan (Korsel) dan Arab Saudi memastikan diri lolos ke turnamen sepak bola putra Olimpiade 2020, ketika mereka mencapai final Kejuaraan Asia U-23 di Thailand, Rabu (22/1).

Kompetisi tersebut merupakan kualifikasi Olimpiade Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dengan tempat di Jepang diberikan kepada tiga tim teratas.

Dua tim teratas tersebut dipastikan melalui semifinal, Rabu (22/1), saat Korsel mengalahkan Australia 2-0 sementara Saudi menundukkan Uzbekistan 1-0.

Tendangan Kim Dae-won pada menit ke-56 menempatkan Korsel memimpin dalam laga di Stadion Thammasat, di pinggiran kota Bangkok.

Baca juga: Garuda Select Kalah Tipis dari Inter Milan U-17

Lee Dong-kyeong menambahkan gol kedua 14 menit menjelang pertandingan usai untuk meraih kemenangan atas Australia.

Bagi Korsel, ini akan menjadi Olimpiade kesembilan berturut-turut - termasuk di dalamnya ketika meraih medali perunggu di London 2012.

Sementara itu, Arab Saudi membutuhkan waktu hingga menit ke-87 untuk memperoleh gol yang menyudahi tantangan dari juara bertahan Uzbekistan di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Tembakan pemain cadangan Nasser Al Omran dari tepi kotak penalti dibelokan ke dalam gawang Uzbek oleh Abdullah Al-Hamdan yang memicu selebrasi dari tim Saudi yang mengakhiri penantian 24 tahun sejak penampilan terakhir mereka di Olimpiade.

Kedua tim akan bertemu dalam laga final di Bangkok, Minggu (26/1).

Tuan rumah Olimpiade Jepang - yang sudah tersingkir pada babak grup kompetisi ini - otomatis lolos ke Olimpiade 2020.

Tim keempat dan terakhir yang lolos dari Asia adalah pemenang playoff tempat ketiga antara Australia dan Uzbekistan pada Sabtu (25/1) malam.

Australia sedang mengejar penampilan pertama di Olimpiade sejak 2008, sementara Uzbekistan bertekad melakukan debutnya dalam pesta olahraga terbesar di dunia itu. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More