Rabu 22 Januari 2020, 20:56 WIB

Indonesia Tunggu Arahan WHO Soal Penanganan Virus Korona

Atalya Puspa | Humaniora
Indonesia Tunggu Arahan WHO Soal Penanganan Virus Korona

Atalya Puspa/MI
Jajaran Kementerian Kesehatan melakukan konferensi pers terkait penyebaran virus korona, Rabu (22/1).

 

MESKI penyebaran virus korona di Kota Wuhan, Tiongkok, terbukti menular dari manusia ke manusia, namun Indonesia masih menunggu keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dalam hal ini, terkait penanganan lebih lanjut terhadap penyebaran virus tersebut.

"Hari ini kita masih menunggu rapat WHO. Kita tunggu pernyataan dari WHO, apakah pneumonia yang disebabkan novel corona virus ini sudah termasuk public health emergency of international concern," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Wiendra Waworuntu, saat memberikan keterangan pers, Rabu (22/1).

Apabila rapat WHO memutuskan penyakit tersebut perlu diwaspadai secara global, Indonesia akan mengikuti arahan yang dikeluarkan.

Baca juga: Belum Ada Vaksin Cegah Korona

"Berikutnya, tentang bagaimana negara nanti kita ikuti WHO. Begitu WHO memutuskan, ada guideline yang harus diikuti masing-masing negara. Kalau untuk merespons, harus ada SOP-nya. Kita menganut international health regulation," paparnya.

Saat ini, Indonesia belum mengeluarkam travel banned dari wilayah Indonesia ke Tiongkok, begitu pula sebaliknya. Pasalnya, hal itu akan memengaruhi aktivitas perekonomian.

"Kita tidak melakukan pembatasan, karena ekonomi bisa berhenti. Langkah yang ditempuh saat ini dengan mengamankan negara dari penyebaran penyakit," ucap Wiendra.

"Sejauh ini kita berikan travel advesory yang akan berkunjung ke luar negeri. Apa yang harus dilakukan saat kita berkunjung ke Tiongkok. Jangan berkunjung ke tempat virus berkembang, dan harus menjalankan perilaku hidup sehat," tutupnya.(OL-11)

Baca Juga

Antara/Adeng Bustomi

ASN Masih Work From Home Sampai 21 April

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 Maret 2020, 15:01 WIB
Kementerian PAN-RB memperpanjang masa kerja dari rumah (WFH) bagi ASN hingga 21 April...
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Mudik dibatasi, Presiden Minta Tinjau Mitigasi Ekonomi

👤Hilda Julaika 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:55 WIB
Presiden Joko Widodo meminta dilakukan kajian perihal mitigasi dari sisi ekonomi akibat pembatasan mudik ini. Terutama terhadap masyarakat...
MI/Andri Widiyanto

Jokowi: 14 Ribu Orang Mudik Lebih Awal

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:03 WIB
Pemudik yang berasal dari Jakarta dan wilayah sekitar berpotensi meningkatkan penyebaran virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya