Rabu 22 Januari 2020, 20:44 WIB

Pekan Depan Kota Padang Luncurkan e-Kelurahan

Yose Hendra | Nusantara
Pekan Depan Kota Padang Luncurkan e-Kelurahan

MI/Yose Hendra
Wali KOta Padang Mahyeldi Ansharullah memberikan sambutan dalam bimbingan teknis peningkatan pelayanan.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Padang, Sumetera Barat siap melayani proses pengurusan berbagai dokumen di kelurahan secara online mulai pekan depan. Tepatnya pada Rabu, 29 Januari 2020, di Kelurahan Ulak Karang Selatan.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy, mengatakan jika tak ada kendala, layanan di kelurahan berbasis online atau e-Kelurahan akan diluncurkan Rabu, 29 Januari 2020 di Kelurahan Ulak Karang Selatan (UKS) oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Peluncuran e-Kelurahan merupakan bagian dari program smart city Kota Padang. Kota yang memberikan pelayanan cepat, mudah dan efisien kepada warganya.

"Dengan e-Kelurahan, warga tidak akan bolak-balik lagi dalam mengurus berbagai dokumen yang dibutuhkan. Mereka cukup membuka smartphone dan mengakses aplikasi e-Kelurahan," ujar Rudy, Rabu (22/1).

Sedikitnya ada 12 layanan dasar yang dapat dilayani secara online di kelurahan, yaitu surat pengantar nikah ada tiga jenis, surat keterangan tidak mampu perorangan dan keluarga, surat keterangan usaha, surat keterangan domisili usaha, surat keterangan berkelakuan baik, keterangan kematian, keterangan ahli waris dan surat keterangan kehilangan.

Dikatakannya, kelurahan adalah garda depan dalam pelayanan. Selain itu pemanfaan teknologi informasi saat ini tak asing lagi, petugas kelurahan juga harus mahir dalam penggunaan aplikasi ini.

Untuk peluncuran e-Kelurahan ini, Dinas Kominfo bersama OPD terkait lainnya, seperti Bagian Pemerintahan, kecamatan dan kelurahan sudah menggelar rapat yang dipimpin Kabid Sistem Informatika, Windra Dedi.

Terpisah, Camat Padang Utara, Fajar Sukma menyebut, Kelurahan Ulak Karang Selatan siap mendukung program tersebut. Jajaran kelurahan dan warga antusias menyambut pelaksanaan e-Kelurahan.

"Layanan online ini tentu membuat warga senang, karena mereka tak perlu repot datang ke kelurahan mengurus dokumen yang dibutuhkan," katanya.(OL-13)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sejumlah Pejabat di Pemprov Banten Ramai-ramai Diperiksa Kejati

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 01 April 2020, 12:56 WIB
Ada lebih dari enam pejabat di Pemprov Banten yang sudah dimintai keterangan terkait proyek pembangunan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) tahap I...
MI/Depi Gunawan

Longsor Timbun Jalan Alternatif ke Subang

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 01 April 2020, 12:47 WIB
Tebing setinggi 15 meter ambrol dipicu hujan deras di  Di Jalan Sukaraja, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, menyebabkan jalan...
MI/Dwi Apriani

Pemkab Muba Pilih Jaga Ketat Pintu Masuk

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 01 April 2020, 12:39 WIB
Pemkab Musi Banyuasin memilih kebijakan memperketat penjagaan dan pemeriksaan lalu lintas orang di pintu-pintu masuk wilayah guna mencegah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya