Kamis 23 Januari 2020, 01:40 WIB

Anhar Riza Antariksawan Sejak SMA Ingin Bangun PLTN

MI | Hiburan
Anhar Riza Antariksawan Sejak SMA Ingin Bangun PLTN

MI/Adam Dwi
Anhar Riza Antariksawan

 

TANPA terasa, sudah 40 tahun lamanya Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Anhar Riza Antariksawan, 58, mempelajari ilmu nuklir. Satu yang diimpikannya menjelang pensiun nanti ialah terwujudnya pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Tanah Air.

Impian itu sudah muncul sejak dirinya duduk di bangku SMA ketika sang guru fisika menerangkan tentang kekuatan energi nuklir. "Saya tertarik dengan proses bagaimana uranium yang kecil begitu bisa menghasilkan energi yang besar," kata Anhar kepada Media Indonesia seusai media briefing di Jakarta, kemarin.

Ketertarikan laki-laki kelahiran Semarang, Jawa Tengah, itu, semakin bertambah setelah sekolahnya kedatangan rombongan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mempromosikan jurusan teknik nuklir. Akhirnya, pada 1981 silam, Anhar pun mantap memilih jurusan Teknik Nuklir di UGM.

Apalagi saat itu pemerintah memang tengah gencar menyiapkan pembangunan PLTN. Kabar ini pun seakan menjadi angin segar bagi Anhar dan kawan-kawannya.

Rupanya, setelah puluhan tahun mengabdi di bidang nuklir, impian Anhar untuk membangun PLTN tidak kunjung terwujud. Anhar pun berharap suatu saat nanti masih bisa melihat ada pembangunan PLTN di Indonesia, meski dirinya sudah tidak lagi bekerja/pensiun. (Aiw/H-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More