Kamis 23 Januari 2020, 00:55 WIB

Dian Sastrowardoyo Pengalaman Pertama Menjadi Produser Film

Bagus Pradana | Hiburan
Dian Sastrowardoyo Pengalaman Pertama Menjadi Produser Film

ANTARA
Aktris Dian Sastrowardoyo

 

AKTRIS Dian Sastrowardoyo, 37, bukan orang baru dalam industri perfilman di Tanah Air. Berbekal pengalaman selama 24 tahun, Dian melebarkan sayap menjadi seorang produser. Ditemui dalam acara konferensi pers peluncuran trailer film Guru-Guru Gokil, selasa (21/1), yang juga merupakan film pertama yang ia produseri, istri dari Maulana Indraguna Sutowo ini mengaku mendapatkan banyak pelajaran baru dari pengalaman pertamanya memproduseri sebuah film.

"Saya melihat proses belajar saya, kayaknya jalannya ke sini dulu. Saya sebenarnya tidak pernah membatasi sih apakah saya akan jadi produser aja atau suatu hari saya akan jadi sutradara juga. Saya rasa proses belajar itu adalah sebuah proses yang harus dinikmati," terang pemenang Piala Citra 2004 untuk perannya dalam Ada Apa dengan Cinta?.

"Terus terang saya berguru dari pengalaman menjadi produser Guru-Guru Gokil ini dan sebagai seorang pembuat film, saya banyak berguru dari teman-teman sendiri," tambahnya.

Dian yang bermain di film Pasir Berbisik ini juga mengungkapkan bahwa kesibukan barunya di belakang layar itu tidak lantas mengakhiri kariernya dalam seni peran. Ia mengaku justru pengalaman menjadi produser ingin ia jadikan sebagai sebuah batu loncatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam berakting.

"Di luar aku jadi produser, aku masih main di film-film yang bukan aku produsernya. Selama filmnya masih cocok aku pasti bantu, aku juga pengin berkembang sebagai aktor. Penginnya sih jadi produser itu bisa membuat perkembanganku sebagai aktor bisa lebih berkembang lagi," tutur lulusan jurusan Filsafat Universitas Indonesia tersebut.

 

Apresiasi

Film Guru-Guru Gokil menceritakan kehidupan para pengajar di luar kehidupan pengabdian mereka. Film ini mengisahkan perjalanan hidup guru pengganti bernama Taat Pribadi yang diperankan Gading Marten yang sering mengalami kegiatan tak terduga.

"Di luar kelas, guru punya kegiatan yang unik, punya hobi tertentu. Itu yang mau kita angkat. Guru yang selama ini kita lihat di depan kelas, sebenarnya ada bagian belakang panggung yang justru punya karakter yang unik," terang Dian.

Perilaku unik para guru di luar aktivitas mengajar ikut menjadi inspirasi kata 'gokil' yang membuntuti judul film ini. Bagi Dian Sastro, kata 'gokil' mendefinisikan hal-hal yang belum terpikirkan sebelumnya.

"Guru dalam cerita harus melalui petualangan yang sangat luar biasa, bagaimana mereka menyelesaikan masalah, memikirkan hal yang enggak," kata Dian.

Bagi Dian, film ini merupakan sebuah apresiasi yang berusaha ia berikan kepada guru-guru Indonesia yang telah mengabdikan diri untuk mendidik generasi penerus bangsa ini.

"Kita membuat film ini intinya mau memberikan apresiasi yang tulus dan rasa terima kasih kepada mereka yang terpanggil untuk punya komitmen menjadi guru di seluruh Indonesia, baik yang sudah PNS maupun yang belum. Kami tahu bahwa jadi guru itu enggak gampang. Itu perlu komitmen, ketekunan, dan kesabaran. Intinya, menjadi guru itu adalah sebuah panggilan jiwa," imbuh Dian.

Syuting film Guru-Guru Gokil dilakukan sejak 16 Oktober 2019 di Leuwiliang, Parung, dan Jakarta. Selain Dian, Guru-Guru Gokil dibintangi Gading Marten, Faradina Mufti, Boris Bokir, Kevin Ardilova, Shakira Jasmine, Asri Welas, Ibnu Jamil, Kiki Narendra, dan Arswendy Bening Swara. Naskah film ditulis Rahabi Mandra dan film disutradarai Sammaria Sari Simanjuntak. Film Guru-Guru Gokil dijadwalkan tayang di bioskop pada April 2020. (Medcom.id/H-3)

 

Baca Juga

Soompi

Ulangtahun Song Mino Menandai Kembalinya Winner

👤Siswantini Suryandari 🕔Selasa 31 Maret 2020, 09:22 WIB
Dalam acara yang ditayangkan oleh V Live berjudul Winner Comeback Live-Hold a Remember Party menandai kembalinya Winner ke panggung musik...
Istimewa

Novel Remaja Karya Lexie Xu Dijadikan Drama Serial ‘Omen’

👤Deri Dahuri 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 19:28 WIB
Serail drama ‘Omen’ disutradarai oleh Arie Azis berdasarkan naskah arahan dan skenario oleh Hilman Hariwijaya, diadaptasi dari...
AFP/Frazer Harrison/Getty Images

Daniel Craig tidak Berencana Wariskan Harta untuk Anak-Anaknya

👤Cecylia Rura 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 13:00 WIB
Aktor Daniel Craig memiliki seorang putri bernama Ella, 28, anak dari pernikahan pertama dengan aktris Fiona Loudon. Craig kemudian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya