Rabu 22 Januari 2020, 19:01 WIB

Wantimpres akan Jaring Aspirasi Masyarakat Luas

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Wantimpres akan Jaring Aspirasi Masyarakat Luas

Antara/Nova Wahyudi
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden

 

DEWAN Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bakal menjaring aspirasi masyarakat seluasnya sebagai bahan memberikan nasihat kepada presiden.

Ketua Wantimpres Wiranto mengatakan, pihaknya akan berperan sebagai pembeda dalam memberi masukan terkait kebijakan-kebijakan yang dijalankan pemerintah.

"Kami harus mampu mendengarkan aspirasi masyarakat, aspirasi, dan harapan-harapan mereka yang tidak tertangkap oleh presiden," kata Wiranto usai bertemu Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/1).

Mantan Menko Polhulkam itu mengatakan peran Wantimpres nantinya juga akan membantu presiden dengan aktif mengidentifikasi masalah-masalah aktual terkait dengan kebijakan presiden.

Baca juga : Wantimpres dan Stafsus Segera Setor LHKPN

Wiranto menegaskan, Wantimpres tidak ingin memberikan pertimbangan yang telah diberikan oleh kementerian/lembaga lain untuk menghindari tumpang tindih dengan berbagai instrumen lain di pemerintahan.

"Kami juga akan mencoba mencari masalah-masalah aktual yang ada hubungannya dengan kebijakan presiden. Sehingga dari temuan-temuan kami bisa menyampaikan saran dan pertimbangan. Yang pasti kami tidak ingin nasihat itu duplikasi dengan yang lain apakah itu kementerian, lembaga, TNI, BIN, staf ahli," imbuhnya.

Wiranto mengimbuhkan nasihat yang akan diberikan kepada presiden nantinya bukan menjadi konsumsi publik. Hal itu, ujar dia, sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

Dalam pertemuan itu, Wiranto didampingi anggota Wantimpres lainnya yakni Sidharto Danusubroto, Agung Laksono, Putri K Wardani, dan Lutfi bin Yahya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Presiden Jokowi Tinjau RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 01 April 2020, 12:40 WIB
Presiden Joko Widodo, Rabu (1/4), bertolak ke Kepulauan Riau untuk untuk meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 yang...
MI/SUPARDJI RASBAN

Komisi I DPR Minta Karantina Wilayah Disegerakan

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 01 April 2020, 10:29 WIB
Berbagai kebijakan sudah berjalan selama 1 bulan selama adanya korona belum bisa menekan perkembangan virus...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

KPK Buka Kunjungan Daring Rutan

👤DHIKA KUSUMA WINATA 🕔Rabu 01 April 2020, 10:10 WIB
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang kebijakan penutupan layanan kunjungan tahanan secara tatap muka di tengah pandemi virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya