Rabu 22 Januari 2020, 18:00 WIB

Beruang Madu Masuk Pemukiman Warga di Dumai

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Beruang Madu Masuk Pemukiman Warga di Dumai

MI/Rudi Kurniawansyah
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mempersiapkan kurungan bagi beruang yang masuk perkebunan di Dumai.

 

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau atas laporan masyarakat menemukan satwa dilindungi beruang madu yang muncul di pemukiman warga tepatnya di Jalan Abdul Rab Khan, RT 15, Kilometer 3, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, kemarin.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan pihaknya seketika mengirimkan tim reaksi cepat untuk menindaklanjuti informasi terkait satwa liar beruang madu yang masuk pemukiman. Tim langsung melakukan pengecekan lokasi serta berkoordinasi dengan Lurah Bukit Timah dan Ketua RT 15.

"Tim menelusuri pemukiman dan masuk ke semak belukar, di mana di lokasi tersebut juga terdapat tanaman sawit dan kelapa. Saat itu selintas tim melihat beruang madu yang dengan cepat bersembunyi di balik pepohonan," jelas Suharyono di Pekanbaru, kemarin.

Dia mengungkapkan, dibantu masyarakat pihaknya lalu melakukan pengusiran dengan menggunakan mercon. Namun beruang tersebut bergeming dan masih bertahan di lokasi.

"Tanpa menyerah, tim dibantu warga RT 15, Lurah Bukit Timah, Manggala Agni Daops Dumai serta masyarakat yang lain segera memasang kerangkeng di sekitar beruang dan memberinya umpan seperti minyak jelantah, buah cempedak, rambutan,  serta sarden di dalam dan sekitar kerangkeng," papar Suharyono.

Selain itu, lanjutnya, tim juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada serta jangan melakukan penjeratan atau penembakan terhadap satwa tersebut. Pasalnya, satwa beruang madu merupakan salah satu satwa yang dilindungi Undang Undang No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAE.

"Saat ini tim dan warga RT 15 serta masyarakat sekitar masih memantau keberadaan satwa di lokasi tersebut," jelas suharyono. (RK/OL-10)

Baca Juga

Antara

Usai Bulan Madu di Malaysia, Pengantin Pria Positif Covid-19

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Senin 30 Maret 2020, 14:40 WIB
Warga di Aceh ke lima yang positif virus korona atau  Covid-19 ternyata usai berbulan madu di negeri jiran. Istrinya kini dalam...
Dok.MI

Dua Pasien Covid-19 di Sidoarjo Meninggal Dunia

👤Heri Susestyo 🕔Senin 30 Maret 2020, 13:01 WIB
Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) akibat covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur bertambah dua...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Pedagang Wajib Jual Sembako Selama Pandemi Korona

👤Palce Amalo 🕔Senin 30 Maret 2020, 12:57 WIB
Pedagang di Kabupaten Rote Ndao yang berjualan di pasar diwajibkan hanya menjual bahan kebutuhan pokok (sembako) sesuai harga yang berlaku...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya