Rabu 22 Januari 2020, 18:30 WIB

Ibu Hamil Disarankan jangan Berlebihan Konsumsi Lemak

Fetry wuryasti | Weekend
Ibu Hamil Disarankan jangan Berlebihan Konsumsi Lemak

unsplash.com
perempuan hamil (ilustrasi)

IBU yang mengonsumsi lemak secara berlebihan saat kehamilan dapat memengaruhi prospek kesehatan masa depan anak mereka. Demikian menurut laporan peneliti University of Sydney yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition, pekan lalu.

Michael Skilton, profesor nutrisi dan kesehatan kardiometabolik University of Sydney mengatakan, temuan ini memang perlu penelitian lebih lanjut. Tetapi dia menyarankan pengendalian konsumsi lemak oleh ibu hamil tetap penting. "Janin belum tumbuh maksimal ketika masih di dalam kandungan. Diet menjadi faktor penting dalam perkembangan janin dan juga memberikan informasi potensial untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker," ujar Skilton disadur dari Sydney Morning Herald, Rabu (22/1).

Temuan utamanya bahwa asupan lemak jenuh pada ibu dikaitkan berpengaruh pada usia biologis yang lebih tinggi pada bayi. Penelitian ini juga menemukan beberapa hubungan antara asupan karbohidrat yang lebih tinggi dan penuaan epigenetik yang lebih baik pada keturunannya. "Itu menunjukkan diet rendah karbohidrat mungkin tidak bermanfaat bagi usia biologis anak dan berisiko jangka panjang penyakit jantung,"

Kepala penasihat medis dan ahli jantung di Yayasan Jantung Profesor Garry Jennings menyambut baik penelitian ini. "Memahami konsumsi makanan ibu hamil adalah langkah pertama yang penting dalam memahami risiko pengembangan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular pada bayi mereka di masa depan," kata Jennings. (M-3)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More