Rabu 22 Januari 2020, 06:46 WIB

Tilang Elektronik untuk Sepeda Motor Berlaku Mulai Bulan Depan

Candra Yuri Nuralam | Megapolitan
Tilang Elektronik untuk Sepeda Motor Berlaku Mulai Bulan Depan

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah pengendara motor melaju melawan arus lalu lintas di Jalan Tanjung Barat Raya, Jakarta Selatan.

 

TILANG  elektronik (e-TLE) mulai diberlakukan kepada sepeda motor pada 1 Februari 2020. Ada dua ruas jalur di Jakarta yang mulai melakukan penilangan elektronik kepada para pengemudi sepeda motor.

"Iya benar, sama seperti tilang elektronik (biasa), kan mekanisme enggak berubah, cuma masalah fitur tambahan sepeda motornya aja (untuk penindakan)," kata Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fahri Siregar di Jakarta, Selasa (21/1).

Fahri mengatakan baru ada dua jalur yang bisa mendeteksi sepeda motor. Dua jalur itu berada di Sudirman-Thamrin dan koridor enam Jalur Trans-Jakarta.

"Kita pasang saja emang di situ. Karena beberapa ruas jalan (itu) sering digunakan sepeda motor untuk masuk kan," ujar Fahri.

Baca juga: Sindikat Narkoba Asal Malaysia Diburu

Untuk sementara kamera tilang eletronik pun hanya bisa mendeteksi pelat nomor dengan huruf B. Kamera itu bakal beroperasi selama 24 jam.

Fahri menjelaskan sistem tilang elektronik kepada motor sama dengan mobil. Kamera akan mendeteksi pelat nomor kendaraan yang kemudian diteruskan kepada sistem untuk melihat data pengendara.

Setelah itu pengendara yang melanggar akan dikirimkan surat konfirmasi berupa bukti pelanggaran.

"Kalau melanggar, nanti sepeda motornya terfoto pelat motornya, disajikan datanya nanti data situlah data pemilik kendaraan untuk melakukan konfirmasi," tutur Fahri.

Pengendara motor yang dikirimi surat konfirmasi bisa mengelak jika pelanggaran yang terfoto bukan orang yang dituju. Konfirmasi bisa dilakukan ke Subdit Gakkum Polda Metro Jaya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Urine Positif, Polisi Teliti Rambut Aktor DS

👤Tri/J-2 🕔Selasa 02 Juni 2020, 06:35 WIB
Penelitian rambut dan darah dimaksudkan untuk memperjelas sudah berapa lama aktor film Laskar Pemimpi itu mengonsumsi...
MI/ADAM DWI

Kejahatan Jalanan Meningkat

👤Tri/J-2 🕔Selasa 02 Juni 2020, 06:20 WIB
Selama covid-19, sasaran kejahatan bergeser dari rumah ke tempat-tempat usaha dan...
Antara

Tirai Plastik sebagai Tameng Terakhir

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 01 Juni 2020, 22:01 WIB
Dipasangnya tirai pemisah antara penjual dan pembeli dengan plastik diberlakukan demi menyambut pelonggaran pembatasan sosial berskala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya