Selasa 21 Januari 2020, 17:21 WIB

Cegah Virus Corona, Jatim Perketat Penumpang dari Tiongkok

Faishol Taselan | Nusantara
Cegah Virus Corona, Jatim Perketat Penumpang dari Tiongkok

ANTARA
Dinas Kesehatan Jawa Timur memperketat pengawasan penumpang di Bandara Udara Juanda khususnya mereka yang datang dari Tiongkok.

 

DINAS Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur memperketat pengawasan penumpang di Bandara Udara Juanda khususnya mereka yang datang dari Tiongkok.

"Dinkes sudah berkoordinasi dengan semua jenis KKP untuk memperketat masuknya orang-orang baik lewat udara, perairan, maupun darat terutama dari Tiongkok," kata Kepala Dinkes Jatim. Herlin Ferliana di Surabaya, Selasa (21/1).

Pengetatan pengawasan di bandara dan pelabuhan di Jatim ini dilakukan untuk mencegah masuknya virus Corona, yang menjadi penyebab wabah pneumonia misterius di Tiongkok ke Jawa Timur.
      
Menurutnya, pengetatan pengawasan dilakukan dengan memaksimalkan alat thermal detector yang sudah ada di bandara dan pelabuhan. Selain untuk mendeteksi penumpang, alat pendeteksi suhu tubuh itu juga akan dimaksimalkan untuk hewan-hewan yang masuk ke Jawa Timur dari pintu bandara dan pelabuhan. Dinkes Jatim juga sudah menginformasikan dan mengimbau kesiapsiagaan rumah sakit di Jawa Timur dalam menangani virus Corona. Mereka sudah siapkan tata laksana untuk pasien dengan dugaan terjangkit virus corona.

"Supaya kalau tidak terdeteksi di KKP dan akhirnya masuk ke Jawa Timur, rumah sakit sudah siap menangani dan menerapkan tes laboratorium untuk pasien dengan dugaan virus Corona," tambahnya.

baca juga: Pendiri Keraton Abal-Abal Terkena Delusion of Grandeur

Dinkes Jatim, kata Herlin, juga sudah menyurati semua dinas kesehatan kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur agar mewaspadai masuknya virus misterius itu.

"Jadi masyarakat tidak perlu  gelisah karena kami sudah mengantisipasi dengan pencegahan di pelabuhan dan bandara. Kalau ada kerabat dari luar negeri, terutama dari Tiongkok, dengan gejala sama, segera dibawa ke rumah sakit," katanya.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More