Selasa 21 Januari 2020, 17:19 WIB

Hati-hati, Indonesia Belum Punya Vaksin Anti Corona Virus

Atalya Puspa | Humaniora
Hati-hati, Indonesia Belum Punya Vaksin Anti Corona Virus

Antara
Petugas paramedis menunjukan bentuk virus Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV)

 

INDONESIA belum memiliki vaksin anti corona virus penyebab pneumonia yang mulai menyebar dari Wuhan, Tiongkok. Maka, masyarakat diminta mewaspadai penyebarannya.

"Vaksin pneumonia yang ada di Indonesia baru tiga, dan aksinnya gak cocok dengan coronavirus. Tidak untu mencegah corona virus," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, Selasa (21/1).

Menurutnya, hingga saat ini penyebaran penyakit tersebut masih belum diketahui secara detail. Di Wuhan sendiri sebenarnya sudah tidak ada kasus baru, tapi masih dicari mekanisme penularan dan sampai Singapura, Jepang.

Meski demikian, dirinya menyatakan hingga kini WHO belum mengeluarkan peringatan travel banned ke wilayah Wuhan. Peringatan tersebut baru akan dikeluarkan apabila penyebaran virus semakin meluas, dan mengakibatkan banyak kematian.

"Seperti virus Ebola di Congo waktu itu, kita tidak boleh masuk ke salah satu provinsi di sana, kecuali petugas kesehatan yang dapat pelatihan yang cukup di negara itu. Kita tidak berharap terjadi demikian," tuturnya.

Anung menjelaskan, Travel banned berhubungan dengan tatanan ekonomi. Misalnya tidak boleh mengirim produk, karena akan jadi faktor menular.

''Kita berharap ini tidak terjadi, dan masyarakat bisa beraktivitas normal, baik jalan ke luar maupun dari luar ke dalam," ucapnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More