Selasa 21 Januari 2020, 16:20 WIB

Dinas Citata Bantah Revitalisasi Monas Untuk Formula E

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinas Citata Bantah Revitalisasi Monas Untuk Formula E

ANTARA/Aprillio Akbar
Suasana pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Senin (20/1)

 

DINAS Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta membantah revitalisasi Monumen Nasional (monas) dilakukan untuk mempersiapkan tempat pendukung balap mobil Formula E. Menurutnya, rencana revitalisasi sudah dibuat sejak lama bahkan dipertandingkan desainnya dalam sayembara.

Ia pun tidak membantah momen persiapan Formula E berbarengan dengan pengerjaan proyek penataan kawasan Monas.

Baca juga: PKS Legowo Berbagi Jatah Cawagub dengan Gerindra

"Kalau kita tidak ada hubungannya, karena itu semua dirancang sebelum Formula E. Kebetulan Formula E ada. Kebetulan saatnya hampir bersamaan. Kalau kamar mandi fasilitas Monas," kata Heru di Balai Kota, Selasa (21/1).

Ia pun menegaskan kawasan Monas di bagian selatan yang saat ini sedang dikerjakan akan dibangun kolam air mancur dan plasa untuk warga berekreasi.

"Nanti ada amphitheatre di situ. Pohon-pohon kita pindahkan ke lapangan parkir Irti. Lapangan parkir itu nanti sudah tidak ada lagi. Juga nanti ada RPTRA di situ," terang Heru.

Ia pun membantah pelaksanaan proyek yang mepet di akhir tahun dipaksakan untuk mengejar agenda Formula E yang berlangsung pada 6 Juni mendatang.

Pelaksanaan penataan kawasan Monas memang harus dilakukan secara bertahap dan dimulai dari sisi selatan. Sehingga dari total pagu yang tersedia yakni Rp147 miliar di APBD 2019 hanya dapat terpakai Rp71,3 miliar. Sisa pengerjaan di titik lainnya akan dilakukan tahun ini dengan anggaran Rp114 miliar.

"Kan kita sampaikan di waktu pembahasan APBD perubahan (anggaran) kita kurangi. Kita hanya bisa kerja, logisnya begitu. Dimulai dari perubahan di bulan November, langsung jalan. Tapi anggaran molor-molor itu," tukasnya.

Baca juga: Penataan Kawasan Monas Molor, Dinas Citata Denda Kontraktor

Sebelumnya, penataan kawasan Monas dipermasalahkan karena anggarannya yang hanya separuh dari pagu APBD 2019 yakni Rp71,3 miliar. Dibangun mulai November lalu, seharusnya penataan kawasan Monas sisi selatan selesai pada Desember lalu.

Namun, Dinas Citata memberikan perpanjangan 50 hari kepada kontraktor karena pelaksanaan proyek masih belum selesai. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More