Selasa 21 Januari 2020, 14:23 WIB

Mitch McConnell Uraikan Proposal Pemakzulan Donald Trump

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Mitch McConnell Uraikan Proposal Pemakzulan Donald Trump

Mandel Ngan/AFP
Pemimpin Mayoritas Senat Amerika Serikat (AS), Mitch McConnell.

 

PEMIMPIN Mayoritas Senat Amerika Serikat (AS), Mitch McConnell telah meresmikan proposal yang ditujukan untuk bergegas dalam sidang pemakzulan Presiden Donald Trump, tanpa jaminan bahwa saksi atau bukti baru akan diizinkan.

Ketika Washington bersiap untuk memulai proses pemakzulan, McConnell merilis resolusi empat halamannya pada Senin (20/1) malam, yang menguraikan jadwal dua hari yang padat bagi masing-masing pihak untuk memberikan pernyataan pembuka.

Di bawah rencana McConnell, argumen pembuka dari Jaksa Penuntut akan dibatasi hingga 24 jam selama dua hari, yang berarti bahwa para senator dapat menghadapi 12 jam untuk memulai proses persidangan. Tim hukum Trump juga diberikan waktu yang sama untuk menyampaikan kasusnya.

Para senator kemudian akan diberikan waktu hingga 16 jam untuk mengajukan pertanyaan kepada penuntutan dan pembelaan, diikuti dengan empat jam debat. Dengan demikian akan ada suara untuk memanggil saksi lain

Peraturan tersebut juga memungkinkan pemungutan suara oleh Senat untuk melewati proses persidangan, meskipun banyak yang percaya bahwa pemungutan suara semacam itu tidak seharusnya.

Pihak Demokrat, yang menuntut pemungutan suara dari pihak saksi untuk langsung ditahan, menyebut proposal McConnell sebagai 'aib nasional'.

McConnel telah memancing untuk persidangan cepat terhadap pembebasan tututan Presiden, dan proposal aturan yang tiba tidak lama setelah tim hukum Trump menyatakan bahwa dia tidak melakukan kesalahan, mendesak Senat untuk dengan cepat menolak apa yang telah dituduhkan kepada Trump.

Dengan partai Republik yang memegang mayoritas Senat, proposal McConnell kemungkinan akan disetujui oleh para senator partai Republik.

Sementara itu, Pemimpin Senat dari pihak Demokrat Chuck Schumer menyebut proposal pemimpin GOP (Partai Republik) itu memalukan nasional.

"Jelas Senator McConnell sangat ingin membuatnya jauh lebih sulit untuk mendapatkan saksi dan dokumen, juga berniat mempercepat persidangan," kata Schumer.

Schumer bersumpah untuk mengusulkan suara dan mencoba mengubah proposal aturan yang telah dibuat.

Disisi lain, Gedung Putih menyambut baik proposal persidangan cepat tersebut, hal itu diungkapkan Direktur Urusan Legislatif Gedung Putih, Eric Ueland.

"Kami bersyukur rancangan tersebut melindungi hak-hak presiden untuk peradilan yang adil, dan berharap dapat menghadirkan pembelaan yang kuat atas fakta dan proses secepat mungkin, dan mencari pembebasan secepat mungkin," ungkapnya. (The Guardian/Rif/OL-09)

Baca Juga

AFP/Handout / COMUNIDAD DE MADRID

Sembilan WNI di Spanyol Positif Covid-19

👤Antara 🕔Rabu 01 April 2020, 12:48 WIB
"Saat ini, tercatat 9 orang terjangkit Covid-19, sebanyak 2 dirawat di rumah sakit, 6 menjalani karantina mandiri di rumah, dan 1...
AFP/File / Thibault Savary

Vaksin Covid-19 Baru Bisa Digunakan 18 Bulan Lagi

👤Deri Dahuri 🕔Rabu 01 April 2020, 12:43 WIB
Ketua Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus telah memuji ‘sebuah pencapaian luar biasa’ atas hasil...
AFP/JOSE JORDAN

Lockdown di Spanyol Timbulkan Keresahan Penyalahgunaan Kekuasaan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 01 April 2020, 12:30 WIB
Di bawah peraturan darurat di Spanyol, warga hanya bisa pergi sendiri untuk membeli makanan, mencari perawatan medis, untuk keadaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya