Senin 20 Januari 2020, 20:16 WIB

Pemprov DKI: Penebangan 205 Pohon di Monas Tidak Kurangi RTH

Selamat Saragih | Megapolitan
Pemprov DKI: Penebangan 205 Pohon di Monas Tidak Kurangi RTH

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Suasana pembangunan Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, hari ini.

 

KEPALA Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta, Heru Hermawanto, berjanji bahwa pihaknya akan melakukan pemangkasan atas sebanyak 205 pohon di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Namun demikian, demi proyek revitalisasi area itu tidak akan mengurangi jumlah ruang terbuka hijau (RTH) Monas.

Menurut Heru, jumlah RTH di kawasan Monas justru akan bertambah. "Dipastikan RTH akan bertambah, secara konsep kan bertambah," ujar Heru, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/1).

Heru menambahkan, pohon-pohon yang ditebang di sisi selatan Monas tentu akan kami pindahkan ke area lain di kawasan itu. Salah satunya yakni area parkir kendaraan bermotor di eks Lapangan IRTI.

Selain itu, lanjutnya, jumlah pohon yang ditanam akan lebih banyak dibandingkan jumlah pohon yang dipangkas.

"Parkiran itu nanti akan dihijaukan yang sisi IRTI. Di IRTI kan gundul nih, nanti pohon yang ditebang dipindahkan. Lebih banyak yang akan ditanam," ujar Heru.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 205 pohon di sisi selatan Monas telah dicabut dari tempatnya dan dipindahkan ke tempat lain di kawasan itu.

Dia menjelaskan, pohon yang ditebang itu rinciannya meliputi sebanyak 150 pohon ukuran besar dan 55 ukuran pohon kecil yang ditebang terkait dengan proyek revitalisasi Monas.

Lahan di lokasi itu tampak gundul. Pohon-pohon yang sebelumnya memenuhi sisi selatan Monas tidak terlihat. Yang tampak hanya tanah merah.

Selain itu ada pagar besi yang mengelilingi kawasan tersebut. Tampak pula beton-beton sedang dibangun di dalam pagar itu, kata Heru. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More