Senin 20 Januari 2020, 17:31 WIB

Usai Bangun Area Gardu, MRT Jakarta Tanam 920 Pohon di Monas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Usai Bangun Area Gardu, MRT Jakarta Tanam 920 Pohon di Monas

MI/PIUS ERLANGGA
Alat berat dikerahkan untuk melakukan penggalian pada pembangunan proyek MRT Fase II di kawasan Monumen Nasional.

 

PEMBANGUNAN Moda Raya Terpadu (MRT) Koridor Utara-Selatan dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Kota, berjalan sesuai rencana. Adapun pembangunan Diaphragm Wall (D-Wall) bagian pembangunan gardu listrik bawah tanah di Kawasan Monumen Nasional (Monas) telah selesai dilakukan.

PT MRT Jakarta akan melanjutkan dengan Paket Pekerjaan 201 pada Maret mendatang. Untuk melakukan pembangunan D-Wall di Kawasan Monas, harus dilakukan pemotongan 92 pohon.

Untuk mengganti pohon yang terdampak atas pekerjaan tersebut, PT MRT Jakarta bersama dengan kontraktor melakukan penanaman 920 pohon di area Kawasan Monas. Penghijauan pada 11 September 2019, mencakup 800 pohon jenis tabebuya dan 120 pohon jenis cemara norfolk.

“Pemotongan dan penanaman kembali area pepohonan di lokasi pembangunan telah mengikuti prosedur dari dinas terkait, termasuk UPK Monas. Pohon-pohon pengganti juga memiliki spesifikasi tertentu seperti diameter 10-15 sentimeter, diberi penyangga agar kuat, serta dipelihara (pemupukan dan penyiraman) selama tiga bulan sejak penanaman,” jelas Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, dalam keterangan resmi, Senin (20/1).

Lokasi penanaman selanjutnya ditentukan UPK Monas, yaitu sisi utara Kawasan Monas sebanyak 232 pohon, sisi timur 147 pohon, sisi selatan 190 pohon, dan sisi barat sebanyak 351 pohon.

PT MRT Jakarta mendukung upaya menjaga lingkungan dengan memastikan pekerjaan konstruksi tetap mematuhi peraturan. Kewajiban penanaman pohon berdasarkan Keputusan Dinas Pertamanan Nomor 9 Tahun 2002. Dalam keputusan itu, setiap satu pohon milik Pemprov DKI yang ditebang harus diganti dengan 10 pohon dengan kriteria memiliki ketinggian minimal 3 meter dan diameter minimal 10 cm.(OL-11)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More