Senin 20 Januari 2020, 16:34 WIB

Sambut KTT G20, Jokowi Siapkan Labuan Bajo

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Sambut KTT G20, Jokowi Siapkan Labuan Bajo

Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Labuan Bajo di NTT, Senin (20/1).

 

 

Presiden Joko Widodo ingin Labuan Bajo menjadi tempat wisata super premium pada tahun ini. Penataan Labuan Bajo juga disiapkan untuk rencana perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan ASEAN Summit pada 2023.

"Semuanya ini kita siapkan dan kita harapkan akhir tahun ini selesai. Sehingga, pada 2021 Kementerian Pariwisata bisa langsung promosi besar-besaran," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, usai rapat terbatas pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo di NTT, berdasarkan rilis yang diterima, Senin (20/1).

Kepala Negara menyampaikan pekerjaan besar penataan destinasi di Labuan Bajo harus diselesaikan tahun ini. Mulai dari infrastruktur, pembenahan lanskap, sampah, hingga ketersediaan air baku. Penataan perlu dipersiapkan dari sekarang, agar Labuan Bajo siap menyambut perhelatan G20 dan ASEAN Summit.

Baca juga: Jokowi Nikmati Sunset Labuan Bajo dari Kapal Phinisi

Menurut Jokowi, penataan Labuan Bajo sebagai destinasi premium ialah diferensiasi dengan tempat wisata lain. Target wisatawannya ialah turis dengan pengeluaran lebih besar.

"Kita harapkan di sini belanjanya lebih besar, stay-nya atau tinggalnya lebih lama. Kita harapkan itu. Jadi artinya bukan jumlah turisnya tetapi spending-nya, belanjanya yang lebih banyak," imbuh Jokowi.

Jokowi juga berharap terminal pada Bandara Komodo bisa diperbaiki dan landasannya runway juga diperpanjang awal tahun ini. Untuk mengatasi masalah kawasan atau lahan yang gundul di Labuan Bajo, Presiden memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membuat persemaian bibit yang memproduksi 5-7 juta bibit tanaman.

“Ini semuanya dilihat secara detail termasuk landscape. Nanti di pulau maupun lanskap yang ada di daratan sini semuanya akan ditanami flamboyan, tabebuya, dan bougenvil, yang dilakukan rutin setiap tahun," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Bawaslu Sayangkan Rendahnya Tingkat Kampanye Daring

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:08 WIB
Mayoritas paslon Pilkada 2020 lebih memilih kampanye tatap muka. Metode ini dianggap rawan menyalahi aturan, salah satunya ketentuan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Dalam Setahun, Kejagung Jatuhkan Sanksi pada 109 Jaksa

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:58 WIB
Pemeriksaan oleh Direktorat Jamwas dilakukan guna menilai tingkat kebenaran dari aduan...
ANTARA/Basri Marzuki

KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2020

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:41 WIB
Jumlah pemilih yang masuk DPT mencapai 100.359.152...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya