Senin 20 Januari 2020, 08:20 WIB

PKK Flotim Giatkan Penghijauan di Kota Larantuka

Ferdinandus Rabu | Nusantara
PKK Flotim Giatkan Penghijauan di Kota Larantuka

MI/Ferdinandus Rabu
PKK Flores Timur menggelar acara bersih-bersih sampah dan penanaman pohon di Larantuka, Sabtu (18/1).

 

MEMASUKI musim hujan, kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Flores Timur, NTT melakukan aksi membersihkan lingkungan dan penanaman pohon. Tim penggerak PKK Flotim yang dimotori Ketua PKK Lusia Hadjon berkomitmen untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih dan sehat sekaligus gencar melakukan penghijauan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan alam sekitar.

Ketua tim penggerak PKK Flotim yang juga istri bupati, Lusia Hadjon saat dikonfirmasi Minggu (20/1), mengakui PKK punya komitmen yang utuh untuk menjaga keasrian lingkungan melalui sejumlah aksi. Termasuk aksi perangi sampah maupun aksi penghijauan dengan melibatkan seluruh masyarakat.

"Kami punya banyak kegiatan dalam wujud kepedulian kami terhadap lingkungan dan PKK sebagai motor penggeraknya. Ada beberapa kegiatan yang sudah kami lakukan dan akan terus berlanjut hingga ke depannya. Ada dua kegiatan penting terkait lingkungan, yaitu kami bersama warga melakukan aksi bersih sampah di sejumlah selokan di dalam kota Larantuka. Sekaligus melakukan aksi penghijauan dengan menanam ratusan anakan pohon," kata Lusia.

Lusia juga mengajak masyarakat menanam ratusan anakan pohon di empat titik lokasi di Kota Larantuka, tepatnya di Waibalun, Balela, Puken Tobi Wanginbao, dan Weri. Adapun jenis tanaman yang ditanam di empat lokasi itu adalah 100 anakan pohon Pucuk Merah, 40 anakan pohon Pinang Tupai dan 40 anakan pohon Ketapang.

baca juga: Petinggi Sunda Empire Kerap Adakan Pertemuan di Brebes

"Gerakkan pengjuauan ini untuk menghijaukan kota sekaligus membangun kesadaran bersama terkat pentingnya menanam. Tidak hanya di dalam kota, tetapi juga mulai giat menanam mulai dari rumah dan lingkungan masing-masing, di hutan-hutan dan di lokasi mana saja, karena akan terasa besar manfaatnya jika gerakkan penghijauan ini terus dilakukan untuk mencegah erosi dan banjir," kata Lusia. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More