Senin 20 Januari 2020, 09:00 WIB

Harry dan Meghan Resmi Jadi Rakyat Jelata

Basuki Eka Purnama | Internasional
Harry dan Meghan Resmi Jadi Rakyat Jelata

AFP/Daniel LEAL-OLIVAS
Pangeran Harry dan istrinya Meghan

 

PANGERAN Harry dan istrinya Meghan, Minggu (19/1), memulai hidup baru sebagai rakyat jelata setelah gelar bangsawan mereka dicabut dan tunjangan dari istana dihentikan oleh Ratu Elizabeth II.

Keputusan yang diumumkan Istana Buckingham pada Sabtu (18/1) menunjukkan ratu berusia 93 tahun itu mengambil keputusan menyedihkan untuk mengakhiri krisis yang mengguncang keluarga kerajaan Inggris.

Keputusan Harry dan Meghan meninggalkan kerajaan Inggris (dijuluki Megxit oleh media massa Inggrais) dimulai ketika pasangan itu menyatakan mundur dari tugas mereka sebagai anggota keluarga kerajaan senior dan mengungkapkan keinginan untuk tinggal di Amerika Utara pada 8 Januari.

Keduanya mengambil keputusan itu tanpa mendapatkan persetujuan dari Ratu Elizabeh II.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Serahkan Gelar Kerajaan

Akibatnya, setelah sejumlah pertemuan keluarga kerajaan, Ratu Elizabeth II mengambil keputusan tegas pada Sabtu (18/1).

Harry dan Meghan kehilangan hak mereka untuk dipanggil Yang Mulia, sama seperti yang dialami ibunda Harry, Putri Diana, ketika dia bercerai dari Pangeran Charles pada 1996.

Keduanya juga diharuskan mengembalikan dana sebesar 2,4 juta pound sterling yang digunakan untuk merenovasi rumah mereka, Frogmore Cottage, di dekat Istana Windsor.

"Sebelumnya, tidak ada bangsawan yang diharuskan mengembalikan uang yang telah mereka gunakan," ujar Mantan Humas Keluarga Kerajaan Inggris Dickie Arbiter.

"Ini langkah yang amat sangat jarang," imbuhnya.

Harry juga kehilangan gelar dan penghargaan militer yang diterimanya setelah bertugas bersama Angkatan Darat Inggris di Afghanistan. (AFP/OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More