Senin 20 Januari 2020, 07:24 WIB

Pendiri MER-C Joserizal Jurnalis Meninggal Dunia

Siswantini Suryandari | Humaniora
Pendiri MER-C Joserizal Jurnalis Meninggal Dunia

MI?SUMARYANTO BRONTO
dr Joserizal Jurnalis SpOT, pendiri MER-C

 

PENDIRI MER-C (Medical Emergency Rescue Comitte), dr Joserizal Jurnalis, SpOT meninggal dunia pada Senin (20/1) pukul 00.38 WIB, dalam usia 56 tahun di RS Harapan Kita Jakarta.

Joserizal salah satu tokoh yang menginisiasi berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Seperti dikutip dari mercinews.com, dokter kelahiran Padang, 11 Mei 1963 ini menurut rencana akan disemayamkan di Pendopo Silaturahim Jl Kalimanggis Raya No 90 Cibubur, Bekasi. Jenazah akan disalatkan setelah Dzhuhur di Masjid Silaturahim dan dimakamkan di TPU Pondok Rangon Jakarta Timur.

Jose merupakan dokter sekaligus aktivis yang membantu korban perang. Ia menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Indonesia dengan dengan mengambil spesialis bedah orthopedi dan traumatologi. Joserizal Jurnalis pernah meraih Kick Andy Heroes kategori People pada 2010. Terpilihnya Joserizal sebagai salah satu pahlawan versi Kick Andy, karena sebagian besar kehidupannya digunakan untuk menjadi relawan.

baca juga: Menjadi Penunjuk Arah Bangsa

Misi kemanusiaan pertama Joserizal adalah menjadi relawan medis untuk korban konflik di Tual, Maluku Tenggara. Ia terjun ke sana karena keprihatinannya terhadap tenaga medis yang terjun ke daerah konflik bersikap tidak netral.

"Kebanyakan tenaga medisnya bersikap tidak netral, tidak mau menolong orang yang berbeda agama, padahal ini kan misi kemanusiaan,"  ungkapnya dalam wawancara Kick Andy Heroes kategori People pada 2010. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More