Senin 20 Januari 2020, 07:03 WIB

Banjir Rendam Satu Dusun di Banyuwangi

Usman Afandi | Nusantara
Banjir Rendam Satu Dusun di Banyuwangi

Antara
Ilustrasi

 

HUJAN dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada Minggu (19/1) membuat Dusun Krajan Timur, Desa Labanasem Kecamatan Kabat terendam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mencatat sebanyak tujuh rumah milik warga di desa tersebut terendam air, dengan kedalaman satu meter.

"Ada tujuh bangunan yang sekarang ini terendam, dengan kedalaman 1 meter. Semuanya di Dusun Kerjan Desa Labanasem Kecamatan Kabat," kata petugas BPBD Banyuwangi di lapangan, Imam mahdi, Minggu (/19/1).

Banjir dipicu adanya penyumbatan di sungai dan banyaknya sampah menutupi gorong-gorong. Hingga akhirnya air sungai meluap dan berdampak terjadinya banjir.

"Ada gorong-gorong yang tersumbat, sehingga mengakibatkan sungai meluap ke rumah warga. Apalagi hujannya deras," jelasnya.

Selain merendam kawasan permukiman, banjir menyebabkan dua jalur arah Kabupaten Jember-Banyuwangi mengalami kemacetan. Bahkan sejumlah kendaraan roda dua yang mencoba menerobos genangan air mogok lantaran mesin mati terendam banjir.

baca juga: Banjir Bandang di Bengkulu Tewaskan Empat Orang

Banjir setinggi satu meter tidak menimbulkan korban jiwa. Para petugas gabungan dari TNI, polisi, Tagana dan masyarakat serta Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Banyuwangi telah melakukan upaya-upaya pengendalian banjir. Di antaranya penyedotan air di rumah warga, pengaturan arus lalu lintas dan pembersihan gorong-gorong. Menurut informasi dari warga, sungai di desa tersebut menjadi langganan banjir setiap tahunnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More