Minggu 19 Januari 2020, 19:51 WIB

Merawat Persatuan Lewat Silaturahmi Kebangsaan

Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum
Merawat Persatuan Lewat Silaturahmi Kebangsaan

Dok. Vox Point Indonesia
Silaturahmi kebangsaan Vox Point Indonesia

 

DI tengah tantangan persatuan dalam hidup berbangsa dan bernegara, seluruh elemen bangsa diharapkan untuk terus menjalin tali silaturahmi.

Ketua Umum Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati mengatakan, dengan terjalinnya tali silaturahmi secara terus menerus maka sekat-sekat perbedaan dan sumbatan komunikasi serta syak wasangka antar kelompok dapat kita atasi.

"Maka tentu saja dengan makin seringnya kita bertemu maka persauadaraan kita semakin kuat, tidak ada lagi saling curiga, apalagi saling membenci. Sebaliknya kita makin mengokohkan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi bangsa ini," kata Handojo di sela Silaturahmi Kebangsaan di Jakarta, Sabtu (18/1)

Handojo menjelaskan, ancaman persatuan bangsa memang nyata di masyarakat melalui berbagai aksi provoksi SARA, karena adanya gesekan dan saling curiga.

"Maka tidak ada obat yang lebih ampuh menurut saya selain dengan kita terus bertemu, kita saling menyapa, dan berkomunikasi. Di mana ada hambatan komunikasi, kita carikan jalan keluarnya. Makin sering bangsa ini membngun silaturahmi kebangsaan maka makin kokoh juga persatuan dan persaudaraan antar sesama anak bangsa dan tentu bangsa ini makin kuat," lanjut Handojo.

Handojo menegaskan, seluruh elemen bangsa ini mempunyai tugas dan tanggungjawab yang sama yakni merawat keberagaman Indonesia.

Baca jugaVox Point Indonesia Jalin Silaturahmi Kebangsaan ke DPP PKS

"Kita semua dari berbagai unsur harus bersatu padu. Acara seperti silaturahmi merupakan simbol bahwa bangsa Indonesia cinta persatuan. Cinta perdamaian. Kita semua ingin damai. Untuk itu, tidak ada alasan kita tidak bersatu, bergandengan tangan mewujudkan cita-cita pendiri bangsa ini yang ingin bersatu, untuk bedaulat, untuk adil dan makmur dan untuk memajukan kesejahteraan umum. Dan, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan ketertiban dunia, untuk perdamaian abadi, untuk keadilan sosial dan untuk memepertahankan kedaulatan rakyat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, hadir perwakilan dari ormas lintas agama, seperti Forum Cinta Pancasila, Forum Nusantara Bersatu, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, PGI, PHDI, Walubi, Matakin, perwakilan partai politik, organisasi pemuda dan kemahasiswaan.

Para tokoh yang hadir sepakat agar ajang silaturahmi kebangsaan seperti ini harus rutin dilakukan memperkuat kecintaan terhadap NKRI.

"Pertemuan seperti ini sangat bagus dan harus kita dorong terus agar rutin dilakukan. Komunikasi di dalam bangsa yang majemuk seperti Indonesia ini sangatlah penting dilakukan. Tanpa komunikasi rasanya sulit untuk bersatu," kata Politikus PKS Ledia Hanifah yang juga ikut hadir.

Dalam kesempatan itu juga ditampikkan tarian adat yang mencerminkan keragaman budaya nusantara. Dan, yang sangat menarik adalah penampilan dari Marawis Nahdlatul Ulama (NU) Cabang Depok dengan lantunan lagu-lagu berirama dan bernuansa Islam.

Acara juga diisi dengan Doa Lintas Agama yang diwakili oleh masing-masing agama Katolik, Protestan, Islam, Budha, Hindu dan Konghucu. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Presiden Jokowi Tinjau RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 01 April 2020, 12:40 WIB
Presiden Joko Widodo, Rabu (1/4), bertolak ke Kepulauan Riau untuk untuk meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 yang...
MI/SUPARDJI RASBAN

Komisi I DPR Minta Karantina Wilayah Disegerakan

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Rabu 01 April 2020, 10:29 WIB
Berbagai kebijakan sudah berjalan selama 1 bulan selama adanya korona belum bisa menekan perkembangan virus...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

KPK Buka Kunjungan Daring Rutan

👤DHIKA KUSUMA WINATA 🕔Rabu 01 April 2020, 10:10 WIB
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang kebijakan penutupan layanan kunjungan tahanan secara tatap muka di tengah pandemi virus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya