Minggu 19 Januari 2020, 15:03 WIB

Pegaturan Ulang Subsidi LPG 3 Kg Masih Dikaji

Faustinus Nua | Ekonomi
Pegaturan Ulang Subsidi LPG 3 Kg Masih Dikaji

Antara
LPG 3 kg subsidi

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan rencana pengaturan ulang subsidi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg masih dalam kajian.

Menurut Menteri ESDM Arifin Tasrif, kebijakan subsidi dari terbukan menjadi tertutup pembahasannya harus tepat sasaran dan melibatkan banyak instansi terkait.

"Pembahasan ini tentu saja melibatkan Kementerian dan Lembaga dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat kecil dan juga pengusaha," katanya, Minggu (19/1).

Arifin menilai, pengaturan subsidi LPG 3 kg tertutup tengah dikaji dengan tujuan agar subsidi yang diberikan pemerintah nantinya lebih tepat sasaran. Pemerintah selanjutnya akan mendata warga yang benar-benar membutuhkan subsidi dari pemerintah.

"Maksudnya subsidi tertutup kita identifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima tapi nggak batasi, yang menerima tetap menerima. Cuma teregister dan terdaftar jadi bisa teridentifikasi untuk cegah terjadi 'kebocoran'," jelasnya.

Dia menegaskan bahwa pada dasarnya Pemerintah berkomitmen memberikan akses energi yang merata kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa ada pihak yang dirugikan. "Kami di Kementerian ESDM memiliki visi bagaimana bisa menyediakan energi untuk seluruh lapisan masyarakat dengan menyesuaikan kemampuan masyarakat," tegasnya.

Pemerintah sendiri berusaha terus menekan angka subsidi energi agar lebih tepat sasaran dan digunakan untuk sektor yang lebih produktif. Pada tahun 2020, Pemerintah memproyeksikan subsidi LPG 3 kg sesuai APBN sebesar Rp50,6 triliun.

Besaran subsidi tersebut lebih rendah dibandingkan pada tahun 2018 yang mencapai angka Rp58,1 triliun untuk subsidi LPG 3 kg.(OL-11)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Pertamina Ajukan 25 Entitas Usaha Masuk Program Rasionalisasi

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 13:25 WIB
Dari 25 perusahaan tersebut, sebagian besar adalah afiliasi atau cucu dan cicit perusahaan di bidang hulu dan hilir migas yang memang sudah...
ANTARA

Kemendag Pastikan Relaksasi Regulasi Ekspor & Impor Alkes

👤Hilda Julaika 🕔Senin 06 April 2020, 13:23 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto telah memastikan dilakukannya relaksasi regulasi ekspor dan impor tentang alat kesehatan...
Istimewa/Kementan

Ekspor Sub Sektor Peternakan Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 April 2020, 12:12 WIB
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor Sub Sektor Peternakan pada Januari sampai Februari 2020 mencapai Rp1,7 triliun atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya