Minggu 19 Januari 2020, 07:06 WIB

Kirab Budaya di Pantura Sambut HUT Brebes

Supardji Rasban | Nusantara
Kirab Budaya di Pantura Sambut HUT Brebes

MI/Supardji Rasban
Kirab Budaya menyambut HUT Kabupaten Brebes ke

 

RIBUAN warga di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tumpah ruah menyaksikan kirab budaya memeringati HUT Brebes ke- 342 yang digelar Sabtu (18/1). Mereka berkumpul di sepanjang jalur jalan protokol Brebes kota, tempat kirab digelar. Kirab budaya bertema Brebes Mulya tersebut dimulai dari halaman gedung DPRD Brebes menyusuri jalur pantura sepanjang sekitar 1 kilometer. Yakni mulai Jalan Gajah Mada- Jalan Jenderal Sudirman hingga Alun-alun Brebes.

Para peserta kirab terutama pejabat di lingkungan Pemkab Brebes menaiki kereta bersama pasangan suami/istri masing-masing. Sedangkan peserta kirab lainnya berjalan berurutan. Dalam arak-arakan tersebut juga disuguhkan berbagai atraksi, mulai dari drumband, kesenian tradisional dan karnaval batik. Bupati Brebes Idza Priyanti menaiki kereta bersama suami, Warsidin yang diikuti para pejabat lainnya mulai dari pejabat yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) hingga pejabat di bawahnya.

Wakil Ketua Panitia HUT ke-342 Kabupaten Brebes, Wijanarto menuturkan peserta kirab budaya sekitar 1.000 orang berasal dari berbagai perwakilan organisasi Perangkat Daerah, kecamatan, sekolah dan swasta.
     
"Tema HUT Brebes ke-342 kali ini adalah Brebes Mulya. Artinya bagaimana kita memuliakan dan menjaga marwah Brebes tidak hanya dari sisi pembangunan tapi juga dari sisi kebudayaan," tutur Wijanarto.
     
Ia menambahkan selain kirab budaya juga digelar festival dan bazar kuliner di Alun-alun Brebes. Aneka kuliner yang disediakan di alun-alun trrsebut bisa dinikmati warga sembari menyaksikan kirab.
     
Sebelum kirab dimulai, di dalam gedung DPRD Brebes digelar Sidang Paripurna yang merupakan puncak dari rangkaian memperingati HUT Brebes ke-342. Dalam sambutannya Bupati Brebes Idza Priyanti menyampaiakan bahwa Brebes semakin berkembang maju di berbagai sektor. Idza menyebut semakin berkembangnya Kabupaten Brebes ditandai dengan ditetapkannya Kabupaten Brebes sebagai Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB) mulai 2020.
     
"Alhamdulillah di paruh pertama dari periode kedua kepemimpinan Idza-Narjo, Brebes makin mulia. Apalagi dengan kehadiran KIB dan KPIB," ujar Idza yang disambut tepuk tangan peserta Sidang Paripurna.

baca juga: Ladang Ganja Ditemukan di Kawasan Gunung Guntur
     
Bupati menyampaikan data BPS menunjukkan angka kemiskinan Kabupaten Brebes pada 2019 berada di angka 16,22%, yang berarti turun dari tahun sebelumnya yaitu 17,17%. Bupati berharap angka kemiskinan tersebut turun lagi pada 2020 ini. Terlebih Presiden Jokowi telah menetapkan Kabupaten Brebes sebagai salah satu kawasan industri nasional melalui Kawasan Industri Brebes dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes pada November 2019 lalu.
     
"Kawasan industri akan terbentang dari kecamatan Losari, Tanjung hingga Bulakamba," ucapnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More