Sabtu 18 Januari 2020, 19:41 WIB

Regulasi E-Sports Harus Ditata

Budi Ernanto | Olahraga
Regulasi E-Sports Harus Ditata

MI/Budi Ernanto
Pelantikan PB Esports Indonesia di Jakarta, Sabtu (18/1).

SANDIAGA Uno menjadi salah satu tokoh yang ikut dilantik sebagai wakil dewan pembina PB Esports Indonesia, Sabtu (18/1). Menurut Ketua PB Esports Indonesia Budi Gunawan bukan tanpa alasan mengapa pria yang akrab disapa Sandi itu diajak untuk terlibat mengembangkan e-sports.

Budi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Sandi dikenal sebagai orang yang berasal dari kalangan muda. Dia paham e-sports dan juga ekosistem ekonomi digital. “Kami yakini dengan sentuhan tangan Sandi, ekosistem e-sports dapat cepat terwujud. Kami butuh Sandi untuk majukan e-sports,” kata Budi.

Dalam acara yang juga dihadari oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Ketua PSSI M Iriawan itu, Sandi disebutkan Budi sangat dinanti terobosannya di kepengurusan PB Esports Indonesia periode 2020-2024.

Sementara Sandi, dirinya mengaku sangat terhormat bisa ambil bagian di PB Esports Indonesia. Dari data yang dia pegang, e-sports memiliki potensi yang luar biasa dari sisi industri karena memiliki 60 juta pelaku aktif dan nilainya sudah mencapai US$1 miliar.

Baca juga: E-sports Berpotensi Dorong Ekonomi Kreatif

“E-sports harus segera ditata, untuk pembentukan regulasi ke depannya. Sehingga nanti e-sports Indonesia bisa berprestasi di level internasional. Karena yang penting kan meningkatkan prestasinya,” kata Sandi.

Sementara Zainudin, mengatakan pemerintah sangat mendukung perkembangan e-sports di Tanah Air. Itu dilakukan karena e-sports diwacanakan bakal dilombakan di Olimpiade 2024 yang akan digelar di Prancis.

"Pemerintah berencana untuk membangun training center untuk cabang olahraga yang akan ikut Olimpiade. Semoga e-sports ambil bagian di rencana itu karena target besar kita ialah di Olimpiade," kata Zainudin. (R-3)

Baca Juga

AFP/AL BELLO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Federer Sebar Tantangan Volley Challenge

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 09:43 WIB
Selain menantang penggemarnya, Federer juga menantang sejumlah orang terkenal seperti ovak Djokovic, Rafael Nadal, Cristiano Ronaldo, Bill...
AFP/James Tye / University College London (UCL)

Hadapi Covid-19, Mercedes Bagikan Desain Alat Bantu Pernafasan

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 09:12 WIB
Mercedes dan tim gabungan mengumumkan desain CPAP bisa diunduh secara gratis oleh pabrikan yang ingin memproduksi alat tersebut pada hari...
AFP

Grand Prix Kanada Jadi Balapan Ketujuh F1 yang Ditunda

👤Ant 🕔Rabu 08 April 2020, 04:42 WIB
Grand Prix Kanada menjadi balapan ketujuh yang ditunda selain Bahrain, Vietnam, Tiongkok, Belanda, Spanyol, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya