Sabtu 18 Januari 2020, 14:30 WIB

Akar Pohon Disinyalir Penyebab Jalan Cikini Banjir

Tri Subarkah | Megapolitan
Akar Pohon Disinyalir Penyebab Jalan Cikini Banjir

MI/Tri Subarkah
Sebanyak 10 penutup saluran air di Cikini dibuka, Sabtu (18/1).

 

HUJAN lebat yang mengguyur Jakarta pada Sabtu (18/1) dini hari menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang. Salah satu yang terkena imbas adalah Jalan Raya Cikini, Jakarta Pusat. Di sana, ketinggian genangan mencapai 20 cm.

Menurut Komandan Peleton Sektor Menteng Suku Dinas Gulkarmat Kota Jakarta Pusat, Nurulusianto, penyebab genangan air yang terjadi disebabkan oleh perkembangan akar pohon di sepanjang jalan tersebut.

Baca juga: Sudin Air Jaksel dan Pasukan Biru Atasi Genangan

"Tersumbatnya jalur saluran pipa ke kali oleh akar yang berkembang. Space-nya ada, cuma namanya hambatan penjalaran akar yang mempengaruhi lajunya air," kata Nurulusianto saat ditemui di Cikini, Sabtu (18/1).

Dikatakan Nurul, saluran air di area Cikini mengalir ke arah Kali Kwitang. Genangan di sana muncul sekira pukul 07.30 WIB. Pihaknya langsung melakukan tindakan untuk memompa air.

"Ada lima personel dengan menggunakan motor apung. Jam 9.10 sudah selesai. Sudah kering, terus dilanjutkan ke SDA dan Wali Kota untuk memperbaiki saluran yang ada di sini," jelas Nurul.

Nurul juga mengatakan bahwa Wali Kota Jakarta Pusat Sigit Wijatmoko sempat meninjau lokasi. Kedatangan Sigit untuk memastikan genangan di kawasan Cikini surut dengan cepat.

"Karena genangan ini kan (terjadi) dua kali, dari pas tanggal 1 dan sekarang. Pertanyaannya kenapa kok masih terdapat genangan yang terjadi di daerah cikini ini, apalagi kalau intensnya cukup besar juga," pungkas Nurul.

Pantauan Media Indonesia di lokasi, ada 10 penutup saluran air yang dibuka, tepatnya di depan Taman Ismail Marzuki. Pada salah satu penutup yang dibuka, terdapat sampah-sampah yang menggenang di dalam saluran tersebut. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More