Sabtu 18 Januari 2020, 14:00 WIB

Warga Manfaatkan Festival Keimigrasian untuk Urus Paspor

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Warga Manfaatkan Festival Keimigrasian untuk Urus Paspor

Ilustrasi
Paspor

 

DIREKTORAT Jenderal Imigrasi kembali menggelar kegiatan Festival Keimigrasian untuk menyambut Hari Bhakti Imigrasi yang akan diperingati pada 26 Januari. Festival tahunan ini diselenggarakan selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (18-19/1), di Halaman Gedung BRI Pusat, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan ini, Dirjen Imigrasi membuka pelayanan pengurusan paspor, baik untuk pembuatan baru, penggantian, maupun perpanjangan.

Baca juga: Ini Bantahan Karyawan TVRI soal Mosi tidak Percaya ke Dewas

Salah seorang warga, Reza, 26, mengatakan kegiatan itu sangat membantu masyarakat, terutama bagi mereka yang hanya punya waktu luang di akhir pekan. Karena itu, ia memanfaatkan layanan tersebut.

"Tentu sangat membantu karena layanan pembuatan paspor diadakan pada Sabtu dan Minggu, sementara di weekday waktu luang kita sangat terbatas karena bekerja," ujarnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/1).

Panitia bekerja sama dengan Bank BRI menyiapkan 1.400 kuota antrean pemohon paspor yang dilayani dalam Pelayanan Paspor Simpatik.

Pemohon yang dilayani merupakan warga yang telah mendaftar melalui aplikasi antrean paspor daring. Pemohon tinggal datang menunjukkan kode antrean kepada petugas selanjutnya akan diwawancara serta diambil foto dan sidik jari.

"Hari ini (kuota) 700 pemohon besok 700, mereka ini yang sudah mendaftar secara online," kata Sekretaris Jenderal Kemenkum dan HAM, Bambang Rantam Sariwanto.

Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie, mengatakan bagi masyarakat yang masuk kategori prioritas (disabilitas, ibu hamil, balita, lansia) tidak perlu mengantre dan bisa langsung menjalani pembuatan paspor secara walk in.

Dirjen Imigrasi akan mengevaluasi kegiatan selama bulan Bhakti Imigrasi untuk mengukur kemampuan layanan pengurusan paspor di weekend.

Baca juga: Menag Kaget Dengar Lagu Tionghoa Berkumandang di Dubai

Paspor akan jadi dalam waktu empat hari kerja dan langsung dikirimkan ke rumah dengan jasa PT Pos. Pemohon tinggal menyebutkan alamat yang dituju dan membayar biaya pengiriman di teller BRI.

Di samping pelayanan paspor, panitia bekerja sama dengan perwakilan negara sahabat menggelar pameran budaya dan pariwisata. Tercatat, ada 9 perwakilan negara yang tampll yaitu Amerika Serikat, Arab Saudi, Austraua, Jepang, Kolombia, Malaysia, Maroko, Tiongkok, dan Uzbekistan. Selain pameran budaya, pelayanan visa juga turut dihadirkan oleh perwakilan kedutaan besar negara asing. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More