Sabtu 18 Januari 2020, 11:15 WIB

Tanggapi Sunda Empire, Kang Emil: Banyak Orang Stres

Roni Kurniawan | Nusantara
Tanggapi Sunda Empire, Kang Emil: Banyak Orang Stres

MI/Bayu Anggoro
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah)

 

KEMUNCULAN Sunda Empire ditanggapi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menyebut kelompok tersebut tak lebih dari organisasi dengan pengikut orang-orang tidak waras. Kelompok seperti itu hanya lah perkumpulan manusia yang keluar logika.
 
"Ini banyak orang stres di republik ini," kata pria yang karib disapa Kang Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (18/1).
 
Emil mengungkapkan era modern tak menjamin seseorang mampu berpikir logis. Banyak orang justru menciptakan berbagai ilusi mengatasnamakan sejarah.

"Ilusi-ilusi yang sering kali (berkaitan dengan) romantisme-romantisme sejarah. Dan ternyata ada orang yang percaya. Jadi pengikut," kata dia.

Baca juga: Sunda Empire tidak Terdaftar di Kesbangpol Bandung
 
Emil pun mengimbau masyarakat tak mudah terbujuk organisasi-organisasi yang menjurus pada 'kepercayaan' yang menyimpang. Masyarakat diminta lebih melek akal sehat dan selektif jika ingin masuk dalam suatu perkumpulan.
 
"Jangan (gampang) percaya terhadap hal-hal yang tidak masuk akal sehat. Fokus kita gunakan rasio dalam berkehidupan," tegas Emil.
 
Di sisi lain, Emil mengaku telah berkoordinasi dengan polisi guna menelusuri organisasi Sunda Empire. Ia tak ingin perkumpulan sejumlah orang itu semakin meresahkan.
 
"Pak Kapolda sudah melaporkan sedang melakukan penelitian. Kalau ada aspek pidana ini akan ditindaklanjuti," pungkas dia.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Tokoh NU Gus Miftah dan Machfud Arifin Sapa Masyarakat Surabaya

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 19:45 WIB
Ketika Cak Mahcfud yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf tersebut menyampaikan sambutannya, sorak sorai...
MI/Haryanto

Pertamina Komitmen Edukasi Pelanggannya

👤Haryanto 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 19:45 WIB
DI hari pelanggan nasional ini, PT Pertamina (persero) kembali mengedukasi pelanggannya agar tetap taat aturan saat mengisi BBM di SPBU dan...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Tokoh Spiritual Bantah Ada Pemukulan kepada Anggota DPD

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 19:06 WIB
Beberapa di antaranya kasus penghinaan terhadap para pedanda seluruh Bali dan kasus pelecehan simbol agama...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya