Sabtu 18 Januari 2020, 09:15 WIB

Klopp Akui Sulit Tiru Dominasi MU Zaman Ferguson

Yakub Pryatama | Sepak Bola
Klopp Akui Sulit Tiru Dominasi MU Zaman Ferguson

AFP/Paul Ellis
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

 

DENGAN raihan tak terkalahkan dalam 21 pertandingan liga, Liverpool menjadi salah satu tim paling dominan di Liga Primer Inggris.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp memperingatkan para penggemar timnya untuk tak mengharapkan pihaknya bisa mereplikasi dominasi Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

The Reds -julukan Liverpool- memang tampak digdaya dengan hanya kehilangan dua poin dari 21 pertandingan. Hal tersebut menghadirkan musim yang luar biasa bagi Jordan Henderson dkk.

Terkait dominasi United, di bawah asuhan Ferguson, United memenangkan 13 gelar. Sebuah hegemoni yang menurut Klopp tidak mungkin dilakukan sebuah tim di zaman modern.

"Sejujurnya, saya tidak berpikir kami mencapai tingkat dominasi mereka (MU) lagi," ujar Klopp menjelang pertandingan Liverpool melawan United di Anfield pada hari Minggu (19/1).

"Sekarang lebih mungkin klub-klub lain akan bersaing untuk hal-hal yang berbeda karena kekuatan finansial banyak tim," tambahnya.

Liverpool yang nyaris tak tersentuh musim ini menyebabkan beberapa komentator di Inggris menyamakan antara tim Klopp dan beberapa tim terbaik Ferguson.

Baca juga: Solskjaer Sesumbar MU Bisa Kalahkan Liverpool

Meskipun sudah tersingkir di Piala Carabao, Liverpool masih berpeluang untuk treble seperti MU dengan menjuarai Piala FA dan Liga Champions.

Klopp tidak tertarik dengan perbandingan seperti itu. Ia mengaku memiliki terlalu banyak pengalaman saat melatih Borussia Dortmund.

"Saya memiliki situasi yang sama di Dortmund pada 2011, kami tampil secara mengejutkan baik dan semua kisahnya positif," ucap Klopp.

Klopp tak memerdulikan perbandingan antara dirinya dan Ferguson. Ia hanya memikirkan hal tersebut setelah kariernya berakhir sebagai pelatih.

Pelatih asal Jerman ini pun optimistis timnya telah membuat beberapa keputusan bagus sehinga para pemainnya menjadi lebih baik untuk merengkuh gelar Liga Primer.

Liverpool akan melanjutkan pertandingan dengan melawan United di kandang. Klopp tahu jika Harry Maguire dan kolega diprediksi bisa menjadi yang pertama mengalahkan Liverpool.

Demi menghindari kekalahan perdana di kandang, Klopp akan meminta anak asuhnya bermain secara taktis dan meminimalisir kesalahan saat pertandingan. (goal/OL-5)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More