Jumat 17 Januari 2020, 18:45 WIB

Cuaca Panas di Bandung akibat Badai Tropis Claudia

Depi Gunawan | Nusantara
Cuaca Panas di Bandung akibat Badai Tropis Claudia

AFP
Ilustrasi: Mata badai dorian yang difoto dari satelit

 

BADAI tropis Claudia mengakibatkan gangguan cuaca saat musim hujan di wilayah Bandung Raya. Beberapa hari terakhir, cuaca menjadi panas dan tidak turun hujan sama sekali.

Bahkan, suhu maksimal pada siang hari di Bandung Raya bisa mencapai 30 derajat celcius dengan kondisi cuaca cerah berawan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Tony Agus Wijaya, mengungkapkan, kondisi cuaca yang saat ini terjadi merupakan dampak dari badai tropis Claudia di selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) atau utara Australia sehingga mengubah pola angin yang berembus di Jawa Barat.

"Jumlah awan hujan di Bandung Raya dan Jabar selatan berkurang, sehingga terjadi cuaca cerah berawan dan hujan ringan di beberapa tempat tersebut," ungkap Tony, Jumat (17/1).

Baca juga: Sunda Empire tidak Terdaftar di Kesbangpol Bandung

Namun kondisi tersebut tidak berdampak pada wilayah Pantai Utara Jawa Barat seperti Indramayu, Cirebon, Majalengka serta Kuningan.

"Jadi hanya di wilayah selatan saja, kalau di bagian utara masih terjadi hujan dengan intensitas sedang," tuturnya.

Menurut Tony, badai tropis Claudia diperkiran akan hilang dalam beberapa hari ke depan sehingga cuaca di Jawa Barat akan kembali normal.

"Akan kembali turun hujan, karena sekarang belum puncaknya. Untuk kondisi nanti diprediksi hujan deras disertai angin dan petir masih akan terjadi di Bandung Raya," jelasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More