Jumat 17 Januari 2020, 17:44 WIB

Berkinerja Buruk, Bos BUMN Dapat Jatah Kelas Ekonomi

Putra Ananda | Ekonomi
Berkinerja Buruk, Bos BUMN Dapat Jatah Kelas Ekonomi

Antara
Menteri BUMN Erick Thohir

 

DIRUT BUMN berkinerja buruk tidak boleh naik pesawat kelas bisnis alias hanya dapat jatah kelas ekonomi.

"Maka dari itu kita menciptakan empati di BUMN, saya mengeluarkan peraturan di mana kalau perusahaan BUMN-nya itu meraih untung maka naik pesawatnya kelas bisnis tapi kalau rugi naiknya kelas ekonomi," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara pembukaan Indonesia Milenial Summit 2020, Jakarta, Jumat (17/1).

Gagasan tersebut menurut Erick, akan diberlakukan lewat peraturan yang mengatur fasilitas kelas penerbangan para pejabat BUMN yang melakukan perjalanan dinas sesuai dengan prestasinya dalam memimpin.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga menuturkan pengalamannya ketika seringkali menemukan pejabat perusahaan BUMN yang menumpangi pesawat kelas utama sementara para menteri hanya kelas bisnis. Padahal kebijakan yang harus diambil oleh seorang Menteri jauh lebih besar dibandingkan dirut BUMN.

"Kalau bicara gaji menteri hanya sekitar Rp19 juta jauhlah dibandingkan Dirut BUMN dan swasta," ujarnya.

Erick melanjutkan para Dirut BUMN sangat dibutuhkan dalam perusahaan-perusahaan BUMN. Ia juga ternyata geram dengan beberapa eksekutif BUMN yang bergaya hidup mewah, di kala perusahaan BUMN yang dipimpinnya merugi.

"Gaya hidup bukan tidak boleh untuk sesuatu yang memang layak didapatkan, namun ketika perusahaannya merugi, maka para pimpinan BUMN tersebut juga harus menjalani gaya hidup prihatin atau sederhana," ujarnya.

Sebelumnya, Erick Thohir menjabarkan lima prioritas strategis Kementerian BUMN untuk periode 2020 sampai dengan 2024 di hadapan generasi millenial. (OL-11)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More