Jumat 17 Januari 2020, 11:45 WIB

Anak-Anak di Skotlandia akan Dilarang Menyundul Bola

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Anak-Anak di Skotlandia akan Dilarang Menyundul Bola

AFP/Miguel MEDINA
Ilustrasi--Pemain Cagliari Valter Birsa menyundul bola

 

ANAK-ANAK di Skotlandia akan dilarang menyundul saat bermain bola setelah sebuah penelitian menemukan menyundul bola bisa menyebabkan demensia.

BBC Skotlandia melaporkan Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) berencana mengumumkan larangan itu untuk semua anak kelompok umur U-12 pada bulan ini.

Amerika Serikat (AS) telah memberlakukan larangan yang sama sejak 2015. Skotlandia akan menjadi negara Eropa pertama yang memberlakukan larangan itu.

Keputusan itu diambil pascadirilinya laporan untuk Universitas Glasgow pada Oktober yang menemukan bahwa mantan pesepak bola memiliki risiko tiga atau empat kali lebih besar mengalami penyakit otak degeneratif ketimbang populasi normal.

Baca juga: Kjaer Tegaskan tidak Ada Dendam dengan Ibrahimovic

Seorang juru bicara SFA mengatakan proposal untuk larangan itu akan segera disepakati.

"Melihat penelitian yang dilakukan berdasarkan data medis dari pesepak bola Skotlandia, ada kewajiban bagi kami untuk mengambil langkah yang diperlukan," ujar juru bicara itu.

Mantan penyerang Arsenal dan Celtic John Hartson memuji langkah SFA tersebut.

"Menyundul adalah bagian besar dari permainan saya. Pelatih memainkan saya karena saya bisa menyundul bola," aku Hartson.

"Ada banyak keadaan pemain kehilangan nyawa dan pensiunan pemain mengalami demensia. Jadi, saya senang SFA memimpin dunia sepak bola untuk melakukan sesuatu," lanjutnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More