Jumat 17 Januari 2020, 09:43 WIB

Orang Kedua Tewas Akibat Virus Misterius di Tiongkok

Basuki Eka Purnama | Internasional
Orang Kedua Tewas Akibat Virus Misterius di Tiongkok

AFP/NOEL CELIS
Seorang perempuan mengenakan masker berjalan melintas di depan pasar boga bahari yang ditutup karena dianggap sebagai pusat penyebaran virus

 

ORANG kedua tewas di Tiongkok akibat virus misterius yang menyebabkan puluhan orang menderita sakit. Virus itu kini telah ditemukan di dua negara Asia lainnya,.

Pemerintah Tiongkok mengatakan seorang pria berusia 69 tahun, Rabu (15/1), meninggal dunia di Wuhan yang disebut sebagai pusat penyebaran coronavirus yang berasal dari keluarga yang sama dengan virus SARS.

Mewabahnya virus itu meningkatkan ketakutan karena ada keterkaitan dengan SARS yang menewaskan 349 orang di Tiongkok dan 299 lainnya di Hong Kong antara 2002 dan 2003.

Baca juga: Jepang Waspada Virus Pneumonia

Sedikitnya 41 orang telah menderita penyakit pneumonia di Tiongkok yang disebabkan oleh virus baru itu.

Komisi Kesehatan Wuhan, Kamis (16/1), mengungkapkan bahwa 12 orang telah pulih dan diizinkan meninggalkan rumah sakit. Adapun lima orang lainnya masih dalam kondisi kritis.

Pria yang meninggal mulai menderita sakit pada 31 Desember dan kondisinya memburuk, lima hari kemudian.

Dua kasus yang diduga disebabkan virus yang sama juga ditemukan di Thailand dan Jepang. Pemerintah kedua negara mengatakan pasien itu sebelumnya berkunjung ke Wuhan.

Pemerintah Wuhan mengatakan sebuah pasar boga bahari sebagai pusat penyebaran penyakit itu. Pasar itu telah ditutup sejak 1 Januari lalu. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More