Jumat 17 Januari 2020, 08:45 WIB

Ada Bir El Chapo di Meksiko

Basuki Eka Purnama | Internasional
Ada Bir El Chapo di Meksiko

AFP/Ulises Ruiz
Bir El Chapo

 

JOAQUIN 'El Chapo' Guzman boleh jadi tengah menjalankan vonis penjara seumur hidup, namun gembong narkoba Meksiko itu kini 'bebas' dalam bentuk bir.

El Chapo Mexican Lager dirilis oleh putri Guzman, Alejandrina, yang memiliki perusahaan fesyen dan gaya hidup yang didirikan mengacu pada citra sang ayah.

Perusahaan itu, Chapo 701, merilis bir itu pada Selasa (14/1), dalam perhelatan fesyen show di Guadalajara, kota kedua terbesar di Meksiko.

"Bir ini belum dirilis ke publik. Saya hanya membawanya untuk dipamerkan," ujar juru bicara Chapo 701 Adriana Uriarte sembari menambahkan perusahaannya tengah mengurus izin untuk menjual bir itu.

Baca juga: Senat AS Mulai Sidang Pemakzulan Trump

Bir itu menampilkan label warna cokelat, hitam, dan putih yang menampilkan gambar Guzman.

Putri Guzman mendirikan perusahaannya pada tahun lalu. Angka 701 mengacu pada posisi El Chapo di daftar peringkat orang terkaya di dunia pada 209 yang dirilis majalah Forbes. Kala itu, El Chapo disebut memiliki aset sebesar US$1 miliar.

Perusahaan itu juga menjual pakaian dan aksesoris. Beberapa produk mereka dibuat oleh narapidana di penjara Puente Grande, di luar Kota Guadalajara.

El Chapo, pendiri kartel narkoba Sinaloa divonis seumur hidup oleh pengadilan Amerika Serikat (AS) pada Juli 2019 atas dawkaan menyelundupkan setidaknya 1.200 ton kokain ke AS dalam tempo 25 tahun. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More