Jumat 17 Januari 2020, 05:20 WIB

Berburu Pernak-Pernik di Tahun Tikus Logam

Dero Iqbal Mahendra | Pernik
Berburu Pernak-Pernik di Tahun Tikus Logam

MI/RAMDANI
Pernak-Pernik Imlek

Produk-produk hiasan rumah, baju, lampion, hingga angpau dengan dominasi warna merah selalu diburu masyarakat Tionghoa tiap Tahun Baru Imlek.

JELANG Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 25 Januari mendatang, pusat perbelanjaan, baik offline maupun online mulai terlihat ramai diburu masyarakat Tionghoa untuk mencari barang-barang yang identik dengan tradisi Imlek.

Mereka kebanyakan mencari produk-produk hiasan rumah, baju khas Imlek, lampion, hingga angpau untuk menyambut keramaian Imlek di tahun ini yang dikenal dengan tahun Tikus Logam. Masyarakat Tionghoa percaya tradisi Imlek akan mengarahkan nasib dan peruntungan mereka sepanjang tahun ini.

Blibli.com sebagai salah satu platform e-commerce memberikan penawaran khusus bagi para pelanggan pada Tahun Baru Imlek ini. Sejumlah barang banyak dicari pelanggan jelang Imlek tahun ini.

"Berdasarkan pengamatan Blibli.com, pencarian untuk angpau, dekorasi rumah bertemakan Imlek, atasan fesyen seperti kaos polo, aksesori fesyen termasuk riasan rambut, sepatu, dompet, serta kosmetik layaknya lipstick mengalami kenaikan," ungkap Head of Public Relations Blibli.com Yolanda Nainggolan kepada Media Indonesia, kemarin.

Yolanda menyampaikan produk-produk itu menjadi populer karena adanya tradisi menghias rumah untuk menjamu keluarga yang berkunjung serta tradisi memakai baju khas Imlek, khususnya yang berwarna merah.

Selain itu, dengan berbagai kemudahan berbelanja online, pemenuhan kebutuhan Imlek kini lebih banyak dicari lewat platform belanja online.

"Para pelanggan kini berbelanja kebutuhan Imlek secara online karena kemudahan yang ditawarkan. Mereka juga ingin memanfaatkan berbagai penawaran khusus yang ditawarkan platform online selama Imlek," lanjut Yolanda.

Blibli memiliki program promosi khusus dalam menyambut Imlek kali ini. Selama periode 16-25 Januari 2020, Blibli.com memberikan ekstra diskon hingga Rp88 ribu melalui kerja sama dengan 10 bank pilihan, termasuk BCA, BNI, CIMB, dan Mandiri.

Blibli.com juga memberikan tambahan promo cashback hingga Rp888 ribu selama periode 20-26 Januari 2020. Kategori-kategori seperti fesyen pria, fesyen perempuan, dan BlibliMart juga menawarkan produk-produk spesial yang cocok dengan tema Imlek.

Pada platfom e-commerce lainnya seperti Tokopedia menawarkan program Festival Belanja Hoki dengan membayar melalui bank partner ketika belanja di Tokopedia. Misalnya, customer mendapatkan potongan belanja hingga Rp188 ribu dengan menggunakan debit maupun kartu kredit bank partner Tokopedia.

Tips belanja

Secara terpisah, Chief Customer Experience Lazada Indonesia Ferry Kusnowo menyampaikan ketika berbelanja dalam menyambut Imlek, butuh persiapan agar lebih terarah.

Pertama, pastikan Anda memiliki bujet maksimal. Meskipun tahun Tikus Logam memiliki semangat kerajinan dermawan dan baik hati, tetap harus ditunjang dengan kewaspadaan dan kerja keras.

"Selalu lakukan perhitungan yang matang, sesuaikan dengan potensi dan kemampuan," kata Ferry.

Tips lainnya ialah mempersiapkan diri dengan gaya terbaru ke kediaman kerabat, menjaga kesehatan, serta menyiapkan makanan secukupnya.

"Sering kali ketika tidak dipastikan kalkulasinya akan pas dan kadang berlebihan. Untuk itu, sebaiknya disesuaikan dengan jadwal kunjungan sehingga dapat menjadi acuan dalam menentukan porsi makanan atau kue kering yang disiapkan di ruang tamu," pungkas Ferry. (S-5)

Baca Juga

Pexels

Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru di Berbagai Negara

👤Raka Lestari 🕔Rabu 01 Januari 2020, 00:00 WIB
MALAM  pergantian tahun biasanya diisi oleh pesta kembang api dan berbagai atraksi yang kian menarik dari tahun ke...
Pexel

Inspirasi Tema untuk Pesta Tahun Baru

👤Raka Lestari 🕔Selasa 31 Desember 2019, 23:00 WIB
JIKA bosan merayakan pergantian tahun baru di luar rumah, Anda bisa menggantinya dengan mengadakan pesta di rumah...
MI/Haryo Prasetyo

Menikmati Semerbak Aroma Kopi Lebih Lama

👤 Haryo Prasetyo 🕔Rabu 18 Desember 2019, 18:32 WIB
Menghirup aroma dan menyeruput cita rasa merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses panjang dalam menikmati...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Minggu, 29 Mar 2020 / 24 Ramadan 1440 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:26 WIB
Subuh : 04:36 WIB
Terbit : 05:53 WIB
Dhuha : 06:22 WIB
Dzuhur : 11:54 WIB
Ashar : 15:15 WIB
Maghrib : 17:47 WIB
Isya : 19:00 WIB

PERNIK

Read More