Jumat 17 Januari 2020, 05:00 WIB

Kemenkes Terjunkan Tim Tangani Antraks

(AU/Pra/H-3) | Humaniora
Kemenkes Terjunkan Tim Tangani Antraks

ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/
PENYUNTIKAN CEGAH ANTRAKS

 

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto menerjunkan tim khusus ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk menangani penyebaran virus antraks di wilayah itu. "Ini langsung tim saya ke sana beserta dirjen. Kita waspadai dan cek semua," jelas Terawan di Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Terawan menyatakan Kemenkes masih mengupayakan suplai antibiotik sebagai obat bagi yang positif terjangkit penyakit berbahaya itu. Menurut dia, penularan penyakit terjadi melalui makanan, termasuk daging sapi yang mati mendadak.

Sebanyak 27 warga Kecamatan Ponjong dan Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, dipastikan positif antraks. Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Sumitro, mengatakan pihaknya telah menemukan setidaknya 600 orang di dua kecamatan itu terpapar antraks.

Ia menambahkan, dari 27 orang itu, sebagian besar positif antraks pada kulit, lainnya gabungan antara kulit dan pernapasan. "Antraks dapat menyerang kulit, pernapasan, dan pencernaan," jelasnya. Warga yang positif antraks diberi antibiotik profilaksis lanjutan hingga 20 hari. (AU/Pra/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More