Jumat 17 Januari 2020, 04:50 WIB

DBD sudah Ditemukan di 6 Provinsi

AD/BB/H-1) | Humaniora
DBD sudah Ditemukan di 6 Provinsi

. ANTARA FOTO/Rahmad/foc.
PENUNTASAN FOGGING PEMBERANTASAN DEMAM BERDARAH

 

SAAT memasuki musim penghujan tahun ini, Kementerian Kesehatan menyebutkan wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) telah terjadi sebanyak 84 kasus di enam provinsi di Indonesia sejak awal 2020. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, kemarin, di Jakarta, mengatakan enam provinsi yang melaporkan kasus DBD ialah Kalimantan Tengah, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Sumatra Barat.

"Kasus DBD saat ini terbilang masih cukup rendah dibandingkan dengan tahun 2019 dan belum menjadi kasus kejadian luar biasa (KLB)," imbuh dia. Kementerian Kesehatan sejak November 2019 telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pemerintah provinsi dan rumah sakit terkait kesiapsiagaan antisipasi penyakit DBD. "Kita sudah kirimkan surat edaran kepada provinsi, rumah sakit sejak November untuk siap siaga karena kita memasuki musim hujan," jelas dia.

Kemenkes memastikan logistik terkait penanggulangan cepat kasus demam berdarah di berbagai daerah telah tersedia. Selain itu, koordinasi juga dilakukan pada fasilitas layanan kesehatan untuk memastikan kesiapsiagaan apabila terjadi peningkatan kasus. Kemenkes mencatat kasus kejadian demam berdarah pada 2019 melonjak hingga 100% dengan total 124 ribu kasus yang diikuti 831 kematian.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan dan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Suryaningsih, mengatakan kasus DBD di wilayahnya telah meningkat dengan jumlah 13 kasus. "Belum ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, masyarakat harus waspada jika mengalami demam tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur Tresna Gumilar menambahkan pihaknya mewaspadai potensi penyebaran penyakit menular ini. "Kami membuat tim kesehatan di bawah penanggung jawab Bidang P2P." (AD/BB/H-1)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More