Kamis 16 Januari 2020, 21:16 WIB

Jelang Munas, Triwatty Jadi Calon Tunggal Ketum Pordasi

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Jelang Munas, Triwatty Jadi Calon Tunggal Ketum Pordasi

Dok. EFi
Calon Ketua Umum Pordasi Triwatty Marciano

PERSATUAN Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) akan mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) Pordasi XIII di Bandung, Jawa Barat, 31 Januari mendatang.

Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Pordasi telah menunjuk Triwatty Marciano menjadi satu-satunya calon ketua umum yang dinyatakan lolos.

TPP sendiri dibentuk sejak Agustus 2019 dan berisikan sembilan anggota yang diketuai oleh Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) DKI Jakarta, Alex Asmasoebrata.

TPP yang bertugas untuk menyeleksi calon ketua umum telah membuka masa pendaftaran bakal calon sejak 19 November 2019 dan menutupnya 3 Januari 2020.

Ada dua nama pendaftar calon ketua umum Pordasi, yakni Triwatty dan Jose Rizal.

Baca juga : Kontestasi Pemilihan Ketum Pordasi Diharapkan Fair dan Objektif

Dalam rapat pleno TPP Pordasi pada 13 Januari, ketua TPP Pordasi, Alex, menyampaikan pihaknya mengeluarkan keputusan final yang tak dapat diubah, yaitu meloloskan Triwatty sebagai calon tunggal ketua umum Pordasi periode 2020-2024.

Untuk lolos verifikasi dari TPP Pordasi, minimal bakal calon ketum harus didukung oleh lima Pengprov dari 20 Pengprov Pordasi.

Triwatty mendapatkan dukungan dari 14 Pengprov Pordasi, sementara Jose didukung lima Pengprov namun tiga di antaranya harus dianulir.

"Jose tidak lolos menjadi calon ketua umum karena tanda tangan yang ada bukan dari ketua Pengprov, tapi sekretaris. Ada dua surat dukungan yang ditandatangani sekretaris, sementara satu lagi tanpa sepengetahuan ketua Pengprov sehingga dukungan dicabut," tutur Alex.

Triwatty berhasil mendapatkan kepercayaan 14 Pengprov dari Aceh, Riau, Sumatera Barat, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Papua, Sumatera Selatan, NTB, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan Jose hanya meraih dua dukungan Pengprov yang sah yakni Pengprov Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca juga : Pordasi DKI Minta Anies Segera Bangun Pacuan Kuda Cengkareng

Dua dukungan yang ditandatangani Pengprov Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara dianulir karena tidak ditandatangani ketua sementara Pengprov Jawa Tengah menarik dukungan.

Bahkan, Ketua Pengprov Jawa Tengah membantah dan merasa tidak pernah berikan dukungan atau mengizinkan tanda tangan digital dalam surat dukungan.

Sebagai calon tunggal, Triwatty langsung tancap gas dengan misi ingin menghilangkan kesenjangan antara olahraga pacuan dan equestrian.

Wanita yang masih aktif sebagai Ketua Persatuan Istri Purnawirawan Pengurus Daerah DKI Jakarta itu berharap dua cabang tersebut bisa bersatu jika dirinya kelak dipercaya menjadi ketum Pordasi.

"Pembenahan Pordasi dengan manajemen organisasi yang modern harus dikencangkan supaya mencapai kinerja maksimal," ujar Triwatty. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Anne-Christine POUJOULAT

Shapovalov Tersingkir di Putaran Pertama Wina Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 10:05 WIB
Shapovalov dikalahkan petenis tuan rumah Jurij Rodionov dua set langsung 6-4 dan...
AFP/OLGA MALTSEVA

Rublev Melaju ke Babak Kedua Wina Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 09:24 WIB
Rublev, saat ini, berada di posisi terdepan untuk mengklaim satu dari dua tempat kualifikasi yang tersisa di ATP Finals...
AFP/JAIME REINA

Tukar Raket dengan Stik Golf, Nadal Finis Keenam di Mallorca

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:10 WIB
Petenis berusia 34 tahun yang memiliki handicap 0,3 hanya tertinggal 10 pukulan di belakang juara turamen yang berlangsung selama tiga hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya