Kamis 16 Januari 2020, 14:00 WIB

Dorong Kelestarian Alam, Bentoel Group Tanam 6.000 Pohon di NTB

mediaindonesia.com | Nusantara
Dorong Kelestarian Alam, Bentoel Group Tanam 6.000 Pohon di NTB

Istimewa
Kegiatan aforestasi dengan penanaman 6.035 pohon di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (16/1).

 

SEBAGAI wujud kepedulian terhadap lingkungan, Bentoel Group mengadakan kegiatan aforestasi dengan penanaman 6.035 pohon di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (16/1).

Kegiatan penanaman tersebut dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk secara bersama-sama melestarikan lingkungan sekitar.

Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa lokasi di Lombok Timur berdasarkan rekomendasi dari Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Rinjani Timur.

Lokasi yang menjadi sasaran kegiatan aforestasi tersebut antara lain berupa tanah kawasan hutan milik BKPH Rinjani Timur, tanah milik kelompok tani yang bekerja sama dengan BKPH, serta tanah milik petani mitra Bentoel Group.

Bentoel Group secara rutin mengadakan kegiatan aforestasi setiap tahunnya. Keseluruhan pohon yang ditanam tahun ini berupa pohon buah-buahan, yakni pohon buah manggis, pohon lengkeng, pohon rambutan, pohon durian, pohon jambu, pohon nangka, pohon mangga, serta pohon alpukat. 

Pemilihan pohon buah-buahan tersebut diharapkan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar dan mencegah kemungkinan masyarakat menebang pohon tersebut untuk keperluan tertentu.

Mercy Francisca Hutahaean, Legal and External Affairs Director Bentoel Group, mengatakan kegiatan aforestasi telah selenggarakan sejak 2006 merupakan wujud tanggung jawab sosial Bentoel Group untuk membantu pelestarian lingkungan di Lombok.

"Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat dapat memperoleh manfaat ekologis dan ekonomis dari penanaman pohon tersebut. Selain lingkungan yang semakin asri" ucap Mercy.

:Tentunya keberadaan pohon-pohon tersebut diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat setempat untuk dapat melakukan kegiatan usaha dengan memanfaatkan hasil dari buah-buahan yang telah ditanam, yang pada gilirannya diharapkan dapat memberikan pendapatan tambahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” paparnya.

Kegiatan aforestasi ini merupakan salah satu bagian dari Program Tembakau Berkelanjutan atau Sustainable Tobacco Program (STP) di mana Bentoel Group telah menjalin kemitraan langsung dengan 1.226 petani di wilayah Lombok Timur dan Lombok Tengah. 

Melalui STP, Perusahaan ingin turut serta membantu pengembangan mitra petani melalui berbagai program pelatihan pertanian, serta berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan melestarikan hutan kita. Hutan sebagai paru-paru dunia telah menyediakan sumber air, oksigen, serta menjadi tempat hidup bagi jutaan flora dan fauna yang telah menjadi penyeimbang ekosistem dan mencegah pemanasan globa," jelas Mercy.. 

"Selain itu, hutan juga menyediakan potensi ekomonis yang dapat diambil manfaatnya oleh masyarakat, seperti menjadi tempat untuk budidaya tanaman pertanian,” Mercy menambahkan.

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan menanam pohon buah, bukan sekadar tujuan untuk memetik buahnya. Namun penghijauan dengan pohon buah juga menyambung masa depan anak cucu generasi selanjutnya.

“NTB juga sangat ramah investasi. Kalau ada polisi, jaksa yang menghambat investasi, laporkan kepada kami. Arahan Presiden Joko Widodo sudah jelas," tuturnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More