Kamis 16 Januari 2020, 19:24 WIB

Menkumham Pelajari Pernyataan Jaksa Agung soal Tragedi Semanggi

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Menkumham Pelajari Pernyataan Jaksa Agung soal Tragedi Semanggi

Antara
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly

 

MENTERI Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, enggan berkomentar banyak soal pernyataan Jaksa Agung ST Burhanuddin bahwa tragedi Semanggi bukan termasuk pelanggaran HAM berat. Yasonna menyatakan masih harus memelajari pernyataan Burhanuddin tersebut.

"Saya belum tahu. Nanti kita lihat dulu," ujar Yasonna, di gedung DPR, Jakarta, Kamis, (16/1).

 

Baca juga: Komnas HAM Desak Jaksa Agung Klarifikasi Soal Kasus Semanggi

 

Yasonna juga mengatakan masih perlu dialog dengan berbagai pihak untuk membahas kembali makna pelanggaran HAM berat. Ia tidak menampik ada perbedaan pandangan mengenai pelanggaran HAM berat dari berbagai pihak.

"Iya kita pelajari dulu kita pelajari lagi. Saya harus koordinasi dulu nanti dengan kementerian atau lembaga lainnya," ujar Yasonna.

Seperti diketahui, Jaksa Agung, ST Burhanuddin, telah menyatakan bahwa peristiwa Jembatan Semanggi pada 1998 bukan termasuk pelanggaran HAM berat. Ia menyatakan bahwa pembahasan pada dua kasua Jembatan Semanggi telah selesai dilakukan.

"Peristiwa Semanggi 1 Semanggi 2 telah ada hasil rapat paripurna DPR RI yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut bukan merupakan pelanggaran HAM berat," ujar ST Burhanuddin, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Kamis, (16/1). (OL-8)

Baca Juga

Dok. Bakamla RI

Cegah Covid-19, Bakamla Pastikan TKI Kembali Lewat Jalur Legal

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:05 WIB
TKI yang pulang melalui jalur tikus khususnya dari Malaysia akan diarahkan ke dua pelabuhan resmi yakni Batam dan Tanjung Balai Karimun...
MI/M Irfan

Anggota Fraksi NasDem DKI Sumbang Gaji 5 Bulan untuk Covid 19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 31 Maret 2020, 19:00 WIB
Atas dasar kemanusian seorang anggota DPRD DKI sumbangkan gaji dan tunjangan selama lima bulan kedepan untuk penanganan covid 19 di Ibu...
Ilustrasi

PLN Akan Bebaskan Tagihan Listik 450 Va

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 31 Maret 2020, 18:51 WIB
PLN bebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (Va) serta diskon pembayaran 50 persen untuk tujuh juta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya