Kamis 16 Januari 2020, 16:38 WIB

CSR Akan Dilibatkan Dalam Pembangunan di Temanggung

Tosiani | Nusantara
CSR Akan Dilibatkan Dalam Pembangunan di Temanggung

MI/Tosiani
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo

 

PEMERINTAH Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah akan melibatkan perusahaan-perusahaan yang ada di daerah itu untuk mendanai pembangunan terencana berdasarkan hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Keterlibatan perusahaan itu melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada di tiap perusahaan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo mengemukakan hal itu di Temanggung, Kamis (16/1).

"Selama ini memang keterlibatan perusahaan sudah ada untuk membiayai sesuatu di masyarakat. Namun belum sinkron dengan program pemerintah. Juga upaya menggali dana tanggung jawab sosial perusahaan dalam pembangunan terencana itu belum optimal," ujar Ripto.

Nantinya, jika perusahaan-perusahaan dilibatkan dengan lebih terencana untuk membiayai pembangunan berdasarkan hasil musrenbang, diharapkan program pemerintah yang belum menyentuh masyarakat bisa terdanai oleh dana CSR perusahaan. PErsoalan ini masih dibicarakan tim fasilitasi CSR. Tim terdiri dari birokrasi dan forum CSR dari pengusaha.

baca juga: Penyebaran Air Permukaan di Indonesia Tidak Merata

Terkait musrenbang, katanya, baru akan dimulai pada 20-30 Januari mendatang dari tingkat kecamatan. Tiap hari dijadwalkan lima kecamatan mengikuti Musrenbang. Namun pada akhir 2019 sudah mulai dilakukan konsultasi publik rancangan awal 2021. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More