Kamis 16 Januari 2020, 16:02 WIB

Sanksi Bagi Penunggak Iuran JKN-KIS Harus Ditegakkan

Atalya Puspa | Humaniora
Sanksi Bagi Penunggak Iuran JKN-KIS Harus Ditegakkan

ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Peserta BPJS Kesehatan mendapatkan pelayanan di loket BPJS Kesehatan Papua Barat, setelah terjadi kenaikan iuran di semua kelas.

 

PENEGAKKAN sanksi bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) harus ditegakkan. Kendati demikian, BPJS Kesehatan tidak memiliki wewenang dalam penegakan sanksi.

Kepala Advokasi BPJS Watch, Timboel Siregar, mengungkapkan hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif kepada Pemberi Kerja Selain Penyelenggara Negara dan Setiap Orang, Selain Pemberi Kerja, Pekerja, dan Penerima Bantuan Iuran dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial.

"Peningkatan layanan harus terus dilakukan dan PP 86 tahun 2013 harus segera dilaksanakan. Nah, pelaksanaan PP 86 dilakukan oleh lembaga pelayanan publik seperti polisi, imigrasi, pemda, dan sebagainya," kata Timboel kepada Media Indonesia, Kamis (16/1).

Masalah penegakan sanksi bagi peserta iuran mandiri bukan hanya kewajiban BPJS Kesehatan, namun juga diperlukan sinergitas antarlembaga. "Oleh karena itu, perlu intervensi Presiden lagi yaitu memastikan lembaga layanan publik mendukung PP 86," imbuh Timboel.

Selain itu, direksi BPJS Kesehatan juga dituntut untuk bekerja keras mendapatkan pemasukan, setelah tidak mendapat dana talangan dari pemerintah.

"Masalah defisit tidak hanya ke peserta yang nunggak, tapi bagaimana direksi bisa tegas mengendalikan biaya INA CBGs," pungkasnya.(OL-12)

Baca Juga

Shutterstock/Medcom.id

Di Zona Merah Siswa dan Guru Tetap Belajar Jarak Jauh

👤Aiw/X-7 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:20 WIB
Keselamatan anak-anak harus menjadi pertimbangan utama saat pemerintah hendak memgambil kebijakan menyangkut...
Istimewa/Medcom.id

Acara Halalbihalal IPDN Abaikan PSBB

👤Che/X-10 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:10 WIB
Acara halalbihalal IPDN di tengah suasana pandemi covid-19 itu berlangsung di Balairung Rudini, yang dihadiri seluruh mahasiswa...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Memaknai Lebaran di Tengah Pandemi

👤SUMARYANTO BRONTO 🕔Rabu 27 Mei 2020, 06:35 WIB
Mereka memilih untuk melaksanakan salat Id di atap indekos mereka dengan menjaga jarak dan tetap mengenakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya