Kamis 16 Januari 2020, 14:09 WIB

Kejari Sampang Kembalikan Uang Korupsi Tebu ke Kas Negara

Mohammad Ghazi | Nusantara
Kejari Sampang Kembalikan Uang Korupsi Tebu ke Kas Negara

Antara
Ilustrasi

 

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sampang, Jawa Timur, menyatakan telah mengembalikan uang kerugian negara dalam kasus korupsi bantuan tebu di wilayah itu ke kas negara. Jumlah nilai kerugian negara yang dimaksudkan sebesar Rp11,1 miliar. Kepala Kejari Sampang, Maskur mengatakan nilai kerugian negara yang dikembalikam ke kas negara tersebut merupakan hasil penyitaan kasus korupsi program bantuan bibit tebu di Sampang, yang ditangani pada 2014 lalu dengan sembilan tersangka. Kasusnya sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Kasus ini sudah tuntas dan masing-masing terdakwa sedang menjalani hukum atas perbuatan mereka," kata Kajari, Kamis (16/1).

Kesembilan tersangka tersebut, kata dia, antara lain, Gada Rahmatullah, Edi Junaidi, Saihul Anwar, Abdul Aziz, Abdul Khalik, Abdul Majid, Slamet Riadi, Singgih dan Baktiono.

Kajari menjelaskan, pengembalian nilai kerugian negara tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan status hukum kasus. Rinciannya, Rp1,180 miliar diserahkan pada tahap awal, disusul Rp 9,981 miliar pada tahap kedua.

"Masih ada sisa yang belum kami kembalikan sebesar Rp900 juta dan masih ada di rekening. Pencairan uang tersebut belum bisa dilakukan karena faktor waktu. Dan akan kami cairkan segera agar bisa segera diserahkan ke kas negara," kata Kajari.

baca juga: Takut Kehilangan Rp297 T, Khofifah Datangi Kepala Bappenas

Selain mengembalikan uang kerugian negara, Kajari juga memblokir 43 nomor rekening yang terkait dengan kasus tersebut. Rekening yang diblokir tersebut merupakan rekening anggota kelompok tani di bawah naungan dua koperasi yakni Koperasi  Serba Usaha dan Koperasi Usaha Makmur. Kasus korupsi ini bermoduskan pengadaan lahan pengembangan tanaman tebu di Sampang oada 2013 lalu. Dari hasil audit BPKP, diketahui program tersebut fiktif. (OL-3)

Baca Juga

Dok MI

Empat dari Tujuh Pelaku Rudapaksa di Bangkalan Ditangkap

👤Mohammad Ghazi 🕔Selasa 07 Juli 2020, 19:30 WIB
KEPOLISIAN Resor (Polres) Bangkalan, Jawa Timur, menangkap empat dari tujuh orang pelaku rudapaksa (perkosaan) terhadap seorang janda....
MI/Cikwan Suwandi

Pemkab Karawang Usulkan Lagi Pembangunan Bendung

👤Cikwan Suwandi 🕔Selasa 07 Juli 2020, 19:10 WIB
SETELAH dibatalkan pembangunannya tahun ini karena Covid-19 oleh Pemprov Jabar, Pemkab Karawang kembali mengusulkan pembangunan bendung di...
MI/Gabriel Langga

Dorong Ibu-ibu, Desa Tilang Buka Lahan Baru untuk Pertanian

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 07 Juli 2020, 18:51 WIB
Kepala Desa Tilang Rofinus I M Luer mengatakan, rencananya, lahan tersebut akan dikelola oleh kelompok tani ibu-ibu yang ada di Desa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya